Berita

Kodim 0305 Pasaman Laksanakan Komunikasi Sosial Cegah Radikalisme

97
×

Kodim 0305 Pasaman Laksanakan Komunikasi Sosial Cegah Radikalisme

Sebarkan artikel ini
Kodim 0305 Pasaman Laksanakan Komsos Cegah Radikalisme
Kodim 0305 Pasaman Laksanakan Komsos Cegah Radikalisme. (ist)

mjnews.id – Kodim 0305/Pasaman melakukan pembinaan komunikasi sosial (komsos) dalam rangka mencegah dan menangkal radikalisme dan separatisme di daerah itu.

Dandim 0305/Pasaman, Letkol Inf. Ahmad Aziz mengatakan, kegiatan ini untuk mewujudkan kesadaran tentang arti pentingnya pemahaman terhadap bahaya radikalisme dan sparatisme bagi segenap komponen bangsa.

“Agar terbentuknya komponen bangsa yang berkepri badian dan berjiwa bhineka tunggal ika, guna mendukung ketahanan wilayah yang kuat dalam rangka tetap tegak dan utuhnya NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” kata Dandim Ahmad, Senin (9/11/2020).

Letkol Ahmad menjelaskan, radikalisme adalah konsep atau sikap jiwa dalam mengusung perubahan secara total dan bersifat revolusioner dengan memutar balikkan nilai-nilai yang ada secara drastis Iewat kekerasan (violence) dan aksi-aksi yang ekstrim.

Sementara separatisme sendiri adalah suatu gerakan untuk mendapatkan kedaulatan dan memisahkan diri dari wilayah suatu negara yang muncul karena alasan ketidakpuasan terhadap kebijakan pemerintah, kondisi politik, ekonomi, sosial, budaya maupun yang lain.

“Zaman sekarang radikalisme lebih mengarah kepada paham atau aliran yang menginginkan pembaharuan sosial dan politik dengan cara kekerasan, ciri-cirinya bisa kita ketahui seperti sikap intoleran, fanatik, eksklusif dan revolusioner,” ungkapnya.

Akhir-akhir ini, kata dia di Indonesia banyak muncul gerakan-gerakan yang terindikasi paham radikal dan separatisme. Jika tidak dicermati dan diantisipasi secara dini maka bisa menjadi ancaman potensial bagi kondusifitas dan stabilitas NKRI.

Menurutnya, maraknya berbagai persoalan yang berkaitan dengan perkembangan radikalisme dan separatisme di Indonesia bukan hanya sebagai tanggung jawab pemerintah atau aparat pemerintah saja, namun menjadi tanggung jawab seluruh komponen bangsa, kita semua harus peduli guna mengantisipasi timbul dan berkembangnya faham radikalisme dan separatisme.

Kegiatan ini difokuskan kepada seluruh jajaran yang ada di Pasaman, mulai dari anggota TNI itu sendiri, mahasiswa, ASN, organisasi masyarakat hingga pelajar.

(Amri)

Kami Hadir di Google News