Tekno

Kampung Ampalu Pessel Akhirnya Dapat Sinyal Telekomunikasi

103
×

Kampung Ampalu Pessel Akhirnya Dapat Sinyal Telekomunikasi

Sebarkan artikel ini
bts combat

mjnews.id – Harapan masyarakat Kampung Ampalu, Nagari Gantiang Mudiak Selatan Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan untuk mendapatkan sinyal HP Selular dan layanan internet, semakin nyata. 

“Insya Allah perangkat telekomunikasi BTS Combat segera dipasang di lokasi yang telah direncanakan di Nagari Gantiang Mudiak Selatan Surantih,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pesisir Selatan, Junaidi, S.Kom, ME., Minggu (18/10/2020) di Painan.

Dikatakan, perangkat utama pembangunan menara telekomunikasi BTS (Base Tranceiver Station), yaitu compact mobile base station (Combat) sudah sampai di lokasi Nagari Gantiang Mudiak Selatan Surantih.

Selain itu, pemasangan listrik layanan khusus atau multiguna dengan daya 7.700 VA untuk menunjang operasional combat juga sudah mulai dikerjakan. 

“Diharapkan sebelum Desember 2020, semuanya sudah selesai dan signal hp menyala di Ampalu dan sekitarnya,” ungkap Junaidi.

Disebutkan, bersamaan dengan pembangunan tower, pekerjaan instalasi pasangan kabel Fiber Optik sekitar 14,7 km oleh PT. Telkom Sumbar, pekan ini juga sudah dimulai. 

Dijelaskan, pembangunan menara telekomunikasi (BTS) dilakukan guna menjawab permintaan masyarakat Nagari Gantiang Mudiak Selatan Surantih yang sudah lama mengharapkan kebutuhan telekomunikasi via HP selular.

Harapan tersebut kemudian ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dengan mengirimkan usulan permintaan bantuan menara Telekomunikasi atau BTS (Base Tranceiver Station) ke Kementerian Kominfo RI dan PT. Telkomsel.

Sementara Walinagari Gantiang Mudiak Selatan Surantiah, Syawal menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dan semua pihak, karena telah memfasilitasi berdirinya BTS di nagari itu. 

“Melalui BTS ini, maka masyarakat tidak lagi terisolasi dari jaringan telekomunikasi,” katanya. 

Sebagaimana diketahui, pembangunan tower BTS dimulai akhir September lalu. Hal tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Hendarajoni, Selasa (22/9) lalu.

Hadir pada acara tersebut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Junaidi, Camat Sutera, Fakhruddin, Walinagari Gantiang Mudiak Selatan Surantiah, Syawal, serta para pejabat eselon II dan III lainnya. 

Sementara dari Telkomsel hadir Manager Network Cervice,Telkomsel Sumatera Tengah (Sumteng), Andi Oktarian, serta Suwito, ST, Manajer Teknik PT. Telkomunikasi Wilayah Sumbar.

(myd)

Kami Hadir di Google News