Kabupaten AsahanSumatera Utara

Camat Meranti bersama Kaposiyan Meranti Hadiri Pencanangan Pos Pekan Imunisasi Nasional 2023

117
×

Camat Meranti bersama Kaposiyan Meranti Hadiri Pencanangan Pos Pekan Imunisasi Nasional 2023

Sebarkan artikel ini
Camat Meranti bersama Kaposiyan Meranti Hadiri Pencanangan Pos Pekan Imunisasi Nasional 2023
Camat Meranti bersama Kaposiyan Meranti Hadiri Pencanangan Pos Pekan Imunisasi Nasional 2023. (f/kominfo)

Asahan, MJNews.id – Camat Meranti, Sugeng Surya Saragih bersama Kaposiyan Meranti, Aiptu Islamuddin hadiri kegiatan pencanangan Pos Pekan Imunisasi Nasional Tahun 2023

Kegiatan Posyandu Sehat ini digelar di Dusun 3, Desa Serdang, Kecamatan Meranti, Kabupaten Asahan yang dibuka Camat Meranti, Sugeng Surya Saragih, Senin (13/02/2023).

ADVERTISEMENT

banner pemkab muba

Dalam sambutannya camat menjelaskan bahwa kegiatan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) ini merupakan tindakan preventif atau upaya pencegahan yang sangat bermanfaat untuk mencegah Morbiditas, mortalitas dan disabilitas yang disebabkan oleh penyakt Polio.

Dari awal harus dicegah, untuk itulah tujuan kegiatan PIN ini dilaksanakan, dengan harapan anak-anak atau generasi yang akan datang bisa terbebas dari penyakit Polio.

Kegiatan ini bisa memberikan imunisasi Polio secara maksimal kepada seluruh anak anak yang ada di Kabupaten Asahan.

Kedepannya program ini dapat berjalan maksimal, karena ini merupakan upaya besar kita dalam menyelamatkan generasi yang akan datang dari ancaman penyakit polio.

Kepada masyarakat Kecamatan Meranti diimbau bagi yang memiliki balita untuk segera membawa ke Puskesmas, Posyandu, Polindes, Pustu, dan pos pelayanan imunisasi lainnya, untuk mendapatkan imunisasi polio secara gratis.

Sementara dari keterangan Kapus Meranti, Evi Hasibuan, pemberian PIN polio serentak dilaksanakan di 4 provinsi, Jambi, Riau, Sumatera Utara dan Sumatera Barat. Sementara pelaksanaan dibagi dua tahap.

Dari keterangan Evi, penyakit polio adalah penyakit yang dapat menular dan tak dapat disembuhkan, tetapi dapat dicegah melalui imunisasi polio.

Penyakit polio disebabkan oleh virus polio yang menyerang sistem syaraf yang dapat menyebabkan kelumpuhan secara permanen dan juga dapat menyerang sistem pernafasan, sehingga penderita mengalami gejala pernafasan. Sasaran dari PIN polio anak balita 0 – 59 bulan.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan, Dr Nanang mengajak warga Asahan untuk menyukseskan PIN polio dengan membawa anak umur 0-59 bulan ke pos-pos PIN yang ada di seluruh Kabupaten Asahan, baik ke posyandu dan puskesmas, untuk mendapatkan imunisasi polio 2 tetes.

Tampak hadir Danramil 18 Meranti yang mewakili, ketua TP PPK Kecamatan Meranti, Kepala Kapus Meranti, Kepala Desa Serdang Guntur Gunawan dan para orang tua yang anaknya ikut PIN polio.

(Isn)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT