KPUPilkadaSumatera Barat

Kunjungi KPU dan Bawaslu Sumbar, Kapolda Pastikan Pengamanan Pilkada

78
×

Kunjungi KPU dan Bawaslu Sumbar, Kapolda Pastikan Pengamanan Pilkada

Sebarkan artikel ini
Kunjungi KPU dan Bawaslu Sumbar, Kapolda Pastikan Pengamanan Pilkada
Kapolda Sumatera Barat, Irjen Toni Hermanto saat diskusi kesiapan pengamanan Pilkada dengan Ketua KPU Sumbar Amnasmen, Senin (20/7/2020). (ist)
mjnews.id – Kapolda Sumatera Barat (Sumbar), Irjen Toni Hermanto mengunjungi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumbar guna memastikan tahapan dan persiapan pengamanan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan dihelat 9 Desember 2020 mendatang.
Ia datang didampingi Direktur Intelkam Kombes Heri Priyanto, Direktur Reskrimum Kombes Kabut Sariadi, subdit 1 Direskrimum AKBP Afrizal Syah, dan Kasubdit 1 Dir Intelkam AKBP Firdamon.
Kedatangan Kapolda diterima Ketua KPU Sumbar Amnasmen didampingi Kordiv Tekhnis penyelenggaraan Izwaryani, Kordiv Hukum dan Pengawasan Yanuk Sri Mulyani, dan sekretaris Firman, serta beberapa Kabag di kantor yang beralamat di di Jalan Pramuka, Padang itu
“Kami lakukan semua tahapan sesuai dengan mekanisme yang ada, termasuk verifikasi bakal calon perseorangan, untuk lebih memudahkan dan bisa berjalan sesuai batas waktu yang ditentukan, KPU juga merekrut tenaga tambahan untuk melakukan verifikasi,” kata Amnasmen
Dijelaskannya, semua tahapan dilaksanakan sesuai mekanisme yang ada, untuk verifikasi faktual (Verfak) petugas dibantu dengan tenaga lainnya yang direkrut untuk hal tersebut, sedangkan coklit dilaksanakan PPS.
Ditambahkannya, dalam melakukan verfak, KPU juga meminta tim bakal calon untuk mendampingi, agar jangan terjadi permasalah di kemudian hari.
Sekaitan dengan hal tersebut, Kapolda mengatakan, sengaja mendatangi penyelenggara, agar bisa mendeteksi kemungkinan yang akan terjadi dalam pilkada serentak.
Selain mendata, Kapolda dan rombongan juga akan bersama-sama dengan penyelenggara melihat kondisi lapangan di beberapa daerah, dan akan bersama-sama dalam beberapa kegiatan.
“Kita harus mendeteksi sejak dini agar pilkada bisa berjalan baik tanpa gejolak dan perlu pendataan akurat sehingga tidak terjadi kesalahan di kemudian hari,” ujar Toni Hermanto.
Ditambahkannya, Kepolisian Daerah Sumatera Barat berkewajiban untuk menjaga suksesnya pesta demokrasi, dan meminimalisir gejolak yang mengakibatkan terganggunya kamtibmas di daerah ini.
“Kita bersama-sama KPU akan tetap sinergi dalam menciptakan suksesnya penyelenggaraan pilkada, baik dari tahapan awal sampai penetapan nantinya,” tegas Toni.
Pertemuan di ruangan Ketua KPU Sumbar, berlangsung hangat dan rileks tersebut, diisi dengan berbagai diskusi, dan terbuka. (eds)

Kami Hadir di Google News