PendidikanSumatera Barat

Dari Webinar Bersama UNP, ISMAPI Siap Bantu Penguatan Manajemen Sekolah di Sumbar

85
×

Dari Webinar Bersama UNP, ISMAPI Siap Bantu Penguatan Manajemen Sekolah di Sumbar

Sebarkan artikel ini
webinar unp
Suasana Webinar yang dihadiri Rektor UNP, Gubernur Sumbar, dan lainnya. (ist)

mjnews.id – Ikatan Sarjana Manajemen dan Administrasi Pendidikan Indonesia (ISMAPI) Sumatera Barat menyelenggarakan webinar nasional melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming di kanal Youtube UNP Video Streaming, Sabtu (8/8/2020). 

Seminar dilaksanakan bersama Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang (FIP UNP).

Webinar nasional itu mengangkat tema “Penguatan Manajemen Pendidikan untuk Mewujudkan Sekolah Penggerak dan Merdeka Belajar”. 

Ketua ISMAPI Sumbar yang juga Dekan FIP UNP, Prof. Rusdinal menyampaikan bahwa organisasi ini baru dibentuk di Sum bar. Berbagai kegiatan sudah dilakukan, seperti mengadakan diskusi dan memberikan pencerahan untuk kerjasama akreditasi sekolah bersama Gubernur Sumbar. 

Kedepan ISMAPI lanjutnya akan berupaya membantu penguatan manajemen sekolah di lingkungan Provinsi Sumbar, terutama pada masa pandemi virus corona saat ini. 

Selain itu, ISMAPI siap membantu penguatan manajemen sekolah sehingga ada solusi bagi sekolah dalam mengimplementasikan sekolah bergerak dan kebijakan merdeka belajar yang telah digagas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim.

Prof. Dr. Arismunandar, M.Pd sebagai Ketua ISMAPI Pusat juga melaporkan bahwa salah satu misi ISMAPI adalah mengembangkan ilmu dan praktik manajemen dan administrasi di Indonesia. “ISMAPI senantiasa melakukan kajian dan penelitian melalui webinar untuk mencari terus formula terbaik dalam mengembangkan ilmu manajemen dan administrasi di Indonesia,” katanya.

Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D., turut hadir memberikan sambutan pada kegiatan webinar ini. Dia menyampaikan, dampak Covid-19 menyebabkan banyaknya dilaksanakannya webinar yang bertujuan melahirkan ide-ide inovatif dan kreatif. 

Rektor mengapresiasi ISMAPI yang telah mengangkat tema webinar yang temanya sangat kreatif. “Tema ini sangat bagus karena akan melahirkan ide kreatif terhadap berbagai persoalan, terutama pendidikan,” ujarnya. 

Makanya, dia mengapresiasi serta berterimakasih kepada Gubernur Sumbar karena selalu mem- berikan dukungan, sehing ga UNP selalu berkembang. Dukungan-du kungan kebijakan dari gu bernur menurutnya, sangat luar biasa terutama dalam mendukung pendidikan di Sumbar.

“Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan menjadi kebanggaan orang Minang karena memegang poin kendali Dirjen GTK yang sangat strategis. Kita menginginkan guru yang berkualitas, sekolah yang berkualitas, sekolah unggul. Untuk meng- hasilkan sekolah yang ung-gul harus mempunyai guru yang unggul. Untuk menghasilkan guru yang unggul, LPTKnya harus unggul,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, UNP harus tetap unggul, meng hasilkan calon guru-guru yang unggul, agar kita bisa menghasilkan sekolah-sekolah yang unggul, tentunya sekolah yang unggul akan menghasilkan lulusan-lulusan yang unggul. 

Gubernur Sumatera Barat yang sekaligus sebagai Dewan Kehormatan ISMAPI Sumbar, Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, S.Psi., M.Sc., yang secara resmi membuka kegiatan webinar nasional itu menyampaikan apresiasi kepada ISMAPI dan Fakultas Ilmu Pendidikan UNP yang telah berperan menjadikan pendidikan lebih baik dengan diadakannya webinar ini.

“Pendekatan melalui merdeka belajar dengan webinar ini merupakan suatu keniscayaan untuk mengaktualisasi diri menjadi lebih dari apa yang kita miliki potensi yang ada pada diri kita menjadi komptensi dan bisa bemanfaat bagi kita semua,” katanya pula.

Hadir sebagai pemateri, diantaranya Dr. Irwan Syah- ril, Ph.D (Direktur Jenderal guru dan Tenaga Kependidikan, Kemdikbud RI), Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE.(Bupati Dharmasraya), Dr. Ahmad Yusuf Sobri, M.Pd (Dosen Universitas Negeri Padang), dan Dekan FIP Universitas Negeri Gorontalo, Alumni Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UNP). 

Webinar nasional yang berlangsung selama tiga jam ini diikuti oleh lebih dari 2.000 peserta yang berasal dari seluruh Indonesia. Demikian rilis Humas UNP. (eds)

Kami Hadir di Google News