PendidikanReligi

126 Murid SDIT Insan Kamil Bukittinggi Ikuti Khatam Quran

86
×

126 Murid SDIT Insan Kamil Bukittinggi Ikuti Khatam Quran

Sebarkan artikel ini
SDIT Insan Kamil Bukittinggi Adakan Khatam Quran

mjnews.id – Sebanyak 126 murid SDIT Insan Kamil Bukittinggi akan melaksanakan perayaan khatam Alquran pada 19-21 Januari 2021. Karena kegiatan perayaan khatam alquran ini masih dalam suasana Covid-19, maka kegiatan ini harus mematuhi protocol kesehatan yang ditetapkan Pemerintah Kota Bukittinggi.

Hal itu disampaikan Kepala SDIT Insan Kamil Nasrullah,S.PdI kepada Orangtua murid kelas VI di Masjid Aqabah sekolah tersebut Kamis (7/1/2021). Pelaksanaan khatam al quran tahun ini dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19. Suksesnya pelaksanaan kegiatan Khatam Quran ini sangat ditentukan oleh kepedulian orang tua terhadap waktu yang telah ditetapkan.

“Untuk menghindari kerumunan, pembacaan al quran atau tilawah dibagi murid laki-laki dan perempuan dengan jumlah yang terbatas. Jangan anak terlalu lama di sekolah, mereka dibagi per shif. Setiap shif dibatasi 20 orang dan dapat didampingi oleh satu orangtua. Jadi, tolong patuhi jadwal tampil anak sehingga dapat berlangsung sesuai dengan rencana”, ujar Nasrulah yang didampingi ustadz dan ustazah panitia penyelenggara.

Jadi, lanjutnya pertemuan hari ini, ingin memberikan ketegasan kepada orangtua murid agar disiplin untuk mematuhi waktu tampil anaknya datang ke sekolah. Sesudah tampil membaca al quran, untuk mengindari kerumunan, anak dan orangtua boleh pulang. Tetapi jangan lupa untuk memperhatikan jadwal selanjutnya yakni ujian tahfiz.

Nasrullah, meminta kepada orangtua murid agar mengasah kemampuan tahfiz anaknya sebelum tampil nanti. Berdasarkan pengalaman, anak-anak lancar ketika membaca surat panjang An Naba’, tetapi sering tersendat ketika membaca surat pendek seperti Al Kautsar, atau Al Kafirun. “Mumpung waktu masih ada, tolong dibantu di rumah anak-anak agar mempersiapkan diri menghadapi kegiatan khatam dan taffiz quran ini.

Nasrullah mengakui, karena di masa covid 19, tidak ada kegiatan arak-araka atau yang menghimun massa. Kita laksanakan kahatam dan tahfiz ini secara sederhana tetapi tujuan kita tercapai yakni anak setamat dari sekolah ini telah memperoleh sertifkat khatam dan tahfiz quran yang dikeluarkan oleh Kemenag Bukittinggi.

(as/ril)

Kami Hadir di Google News