PendidikanReligi

MTsN 4 Tanah Datar Laksanakan Pendidikan Boarding Madrasah

79
×

MTsN 4 Tanah Datar Laksanakan Pendidikan Boarding Madrasah

Sebarkan artikel ini
Syahrul saat berkunjung ke mtsn 4 tanah datar
Kepala MTsN 4 Tanah Datar, Afrizal Dt. Rangkayo Hitam mendampingi Kakankemenag Tanah Datar, H. Syahrul saat berkunjung. (Ist)

mjnews.id – MTsN 4 Tanah Datar mulai berkiprah dengan melaksanakan sistem pembelajaran boarding bagi siswanya untuk meraih prestasi pada bidang pendidikan agama Islam dan pembelajaran umum.

Madrasahnya yang luas berada di Nagari Batu Tebal Kecamatan Batipuh Selatan sejak berdiri asrama yang dibangun pada 2018 lalu kian banyak peminatnya, bahkan mampu meninggalkan sekolah lainnya.

“Alhamdulillah, asrama yang didirikan atas bantuan masyarakat yang didukung pengurus dan anggota komite telah mulai melaksanakan sistem pendidikan boarding madrasah,” kata Kepala Madrasah (Kepmad) MTsN 4 Afrizal, Dt. Rangkayo Hitam.

Rabu (7/10/2020), saat dikunjungi Kakankemenag Tanah Datar H. Syahrul, Kepmad Afrizal mengatakan saat ini ada 30 orang siswa yang mengikuti sistem boarding.

Dikatakannya, siswa itu diutamakan yang domisilinya jauh dari madrasah atau di luar Nagari Batu Tebal sekitarnya, seperti berasal Kabupaten Sijunjung dan Solok, dan Kecamatan Rambatan.

Diutarakan Afrizal, pola pelaksanaan pendidikan boarding dengan kegiatan tahfizh yang tetap meningkatkan hapalannya antara 2-5 Juz, diikuti pembelajaran bahasa arab dan hadist.

“Tak hanya itu, sejak adanya boarding madrasah siswanya mampu meraih prestasi dalam Kompentensi Sain Madrasah (KSM) tingkat Kankemenag Tanah Datar sejak dua tahun lalu, kemudian mewakili daerah ini di tingkat provinsi. Saat ini ada tiga siswa dipersiapkan untuk KSM tentu diharapkan meraih prestasi,” jelasnya.

Menurutnya, dengan pola boarding pretasi keagamaan dengan lahirnya hafizh dah hafizah dan akademik berupaya diraih siswanya. 

Hanya saja, katanya, sejak Covid-19, pembalajaran dipindahkan ke rumah. Sementara persiapan guru, kurikulum serta sarana tetap dilakukan hingga dibolehkan sekolah dibuka kembali.

Atas kiprahnya, Kakankmenag Syahrul menyatakan apresiasi dan kebanggaannya, karena tak berapa MTsN yang melaksanakan sistem boarding ini di Tanah Datar.

“Dengan adanya asrama dan penginapan di MTsN 4 tentu akan memudahkan siswanya meraih pretasi dan menunjukkan kiprahnya dengan melahirkan penghapal Alquran, dan berprestasi pada pembelajaran umum lewat KSM, kemudian meraih nilai tertinggi pada tiap ujian nasional,” ucap Syahrul.

Ia berharap pola boarding ini lebih ditingkatkan sarana dan kapasitasnya sehingga bisa menampung lebih banyak siswa.

Dijelaskan Kepmad, siswanya saat ini 274 orang, dimana siswa kelas VII sebanyak 97 orang, kelas VIII 103 dan kelas IX 76 dengan tenaga pendidik 41 orang serta staf administrasi 8.

“Kami berupaya membangun madrasah ini dengan mengutamakan partisipasi dan dukungan masyarakat Nagari Batu Taba dan sekitarnya, termasuk untuk rencana pengembangan asrama nantinya,” tambah Afrizal.

(Efrizal)

Kami Hadir di Google News