Polri

Apel Pasukan Operasi Lilin 2020, Ini Kata Bupati Dharmasraya

72
×

Apel Pasukan Operasi Lilin 2020, Ini Kata Bupati Dharmasraya

Sebarkan artikel ini
Operasi Lilin 2020 di dharmasraya
Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan Kapolres Dharmasraya AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah melakukan cek pasukan Operasi Lilin 2020, Senin (21/12/2020). (ist)

mjnews.id – Operasi Lilin tahun 2020 dalam rangka pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2021 diterjunkan 83.917 personel Polri, 15.842 personel TNI, serta 55.086 personel instansi terkait lainnya. Mereka bakal ditempatkan di 1.607 Pos Pengamanan dan 675 Pos Pelayanan seluruh Indonesia.

Pengamanan juga dilaksanakan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara, pelabuhan, dan lain-lain. Demikian disampaikan Bupati Kabupaten Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan ketika membacakan amanat tertulis Kapolri, Idham Azis, saat memimpin langsung Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Tahun 2020 di halaman Mapolres Dharmasraya, Senin (21/12/2020).

“Pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung “under estimate” dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini dan kita harus lebih peduli. Jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru menimbulkan klaster klaster baru penyebaran Covid-19,” terang bupati.

Selain itu, juga ada sejumlah penekanan Kapolri yang disampaikan bupati dalam amanatnya menyangkut sejumlah hal yang harus diantisipasi, antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi pengrusakan fasilitas umum, aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampung, balap liar, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan.

Kapolri dalam amanat tertulis juga memberikan beberapa penekanan kepada personel yang melakukan pengamanan yakni, mempersiapkan mental dan fisik, melakukan deteksi dini untuk mencegah aksi yang mengganggu Kamtibmas, meningkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan, serta melaksanakan pengamanan secara profesional dan humanis yang dilengkapi dengan buddy system.

Tidak hanya itu, Kapolri juga memberikan bebe-rapa penekanan kepada personel yang melakukan pengamanan, yaitu siapkan mental dan fisik, lakukan deteksi dini untuk mencegah aksi yang mengganggu Kamtibmas, tingkatkan kepekaan, kewas-padaan dan kesiapsiagaan, laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis yang dilengkapi dengan buddy system.

Selain itu, harus melaksanakan penegakan hukum secara profesional dan proposional, mantapkan kerja sama yang ber-sinergi dengan instansi terkait, serta menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam mene-rapkan protokol kesehatan yang bertujuan mencegah Covid-19 dengan mengedepankan 3M, mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, dan menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

“Apel ini dilaksanakan serentak secara nasional. Apel ini untuk memeriksa kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2020, yang diselenggarakan mulai 21 Desember 2020 sampai 4 Januari 2021. Baik itu dalam aspek personil maupun sarana prasarana penunjang lainnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Kabupaten Dharmasraya, AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah menyebutkan, untuk pengamanan di wilayah hukum Dharmasraya dipersiapkan lebih kurang 65 personil. Mereka ditempatkan di dua pos pengamanan, yakni Pos Simpang Silago, Kecamatan Pulau Punjung dan Pos Kecamatan Sungai Rumbai.

“Sesuai amanat kapolri yang disampaikan pim-pinan Apel Pasukan Operasi Lilin Tahun 2020, bahwa apel gelar pasukan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin dalam rangka pengamanan pe-rayaan Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021. Untuk kegiatan ini telah mempersiapkan peronil pengaman,” pungkasnya.

Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Dhar masraya Paryanto, Dandim 0310 SSD diwakili Danramil Pulau Punjung, Mayor Caj (K) Tuti Andayani, Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Dharmasraya Dessy Damayanti, Ketua Pengadilan Agama Kab. Dharmasraya Azizah Ali, Ketua MUI Dharmasraya Aminullah Salam, Wakapolres Dharmasraya Kompol Hendra Syamri, para kabag, para kasat, para kapolsek di jajaran Polres Dharmasraya, Danki 3 Pelopor Brimob Dharmasraya Iptu Andesta, Pleton TNI, Brimob, Polres Dharmasraya, BPBD dan Damkar, Sat Pol PP, dishub, dinkes dan undangan lainnya.

Acara tersebut juga di sisi dengan penyerahan masker secara simbolis kepada perwakilan dan dilanjutkan dengan pengecekan Kendaraan Dinas R4 maupun R2 yang akan digunakan dalam Operasi Lilin Tahun 2020 serta patroli pengecekan Pospam Pulau Punjung dan Sungai Rumbai.

(ron/rit)

Kami Hadir di Google News