Pendidikan

Kwarcab Pramuka Sawahlunto Gelar TOT Asesor dan Akreditasi Gudep

144
×

Kwarcab Pramuka Sawahlunto Gelar TOT Asesor dan Akreditasi Gudep

Sebarkan artikel ini
Kwarcab Pramuka Sawahlunto Gelar TOT Asesor dan Akreditasi Gudep
Kwarcab Pramuka Sawahlunto Gelar TOT asesor akreditasi Gudep Pramuka selama dua hari. (ist)

mjnews.id – Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) 11 Kota Sawahlunto menggelar kegiatan Training of Trainer Asesor dan Pelatihan Akreditasi Gugus Depan (gudep).

Kegiatan yang ini diikuti 16 pelatih dan 36 pembina gudep itu berlangsung selama dua hari, Minggu (22/11/2020) dan Senin (23/11/2020).

Ketua Pelaksana TOT Asesor dan Akreditasi Gudep A Muharror Walad menyatakan pelatihan ini digelar sebagai bekal para asesor dalam pendampingan akreditasi gudep pangkalan peserta didik. Agar sesuai standar yang diharapkan kwartir nasional.

Tahap pertama, akreditasi gudep sebanyak 18 pangkalan peserta didik siaga, penggalang dan penegak. Mereka didampingi 16 asesor.

Walad mengharapkan akreditasi ini dapat untuk memotivasi gudep melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu. Sebab seluruh proses kegiatan evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen gugus depan terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program pendidikan kepanduan.

Menurutnya peran tim asesor yang ditugaskan kwartir menentukan kelayakan gugus depan. Itu harus menunjukkan bukti-bukti yang dipersyaratkan dalam akreditasi.

Sementara itu, Sekretaris Kwarcab Sawahlunto Agustin berharap tim asesor yang terdiri dari para pelatih. Ke depan kegiatan akreditasi dapat dituntaskan secara bertahap terhadap gudep yang ada didaerah ini.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Sawahlunto Asril. Ia meminta kepala sekolah yang juga sebagai ketua majelis pembimbing gudep mendukung akreditasi gudep dan pembinaan terhadap pramuka yang ada.

Asril berterimakasih kepada para pembina pramuka yang telah mengabdikan diri sebagai pembinaan di gudep. Teruslah meningkatkan latihan karena dapat membangun karakter anak didik dan generasi bangsa.

(sub/rfd)

Kami Hadir di Google News