Pendidikan

4.345 Pelajar Terima Bantuan dari Baznas Tanah Datar

81
×

4.345 Pelajar Terima Bantuan dari Baznas Tanah Datar

Sebarkan artikel ini
Pelajar Terima Bantuan dari Baznas Tanah Datar

mjnews.id – Sebanyak 4.345 pelajar di Kabupaten Tanah Datar menerima bantuan pendidikan. Uang tunai senilai Rp1.888.000.000 itu merupakan pendistribusian zakat yang dikelola Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat, yang ikut menuntaskan persoalan pendidikan.

Keterangan pers Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tanah Datar yang diterima Singgalang kemarin menjelaskan, pelajar penerima dana zakat itu berasal dari tingkat SD, MI, SMP, dan MTs yang penyerahannya secara simbolis dilakukan di MTs Muhammadiyah Lima Kaum, Senin (30/11/2020).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Riswandi, mewakili Pjs. Bupati Tanah Datar Erman Rahman, pada kesempatan itu mengatakan, atas nama pemerintah daerah berharap, Baznas dapat terus menyalurkan dana zakat untuk menunjang pendidikan, terutama bagi anak-anak yang berasal dari keluarga kurang mampu.

“Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Kabupaten Tanah Datar memprioritaskan program di bidang pendidikan, karena Sumber Daya Alam (SDA) yang terbatas. Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi program unggulan,” katanya.

Dikatakan, untuk mewujudkan SDM Tanah Datar yang memiliki daya saing tinggi, Gerbang Cerdas merupakan inovasi pembangunan yang dinilai tepat, karena dapat menjamin anak-anak Tanah Datar bisa melanjutkan pendidikan dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi, melalui dukungan pembiayaan dari pemerintah daerah, Baznas, perantau, dan kalangan swasta.

Sebagai institusi resmi yang mendapat kepercayaan dalam mengelola dana zakat umat Islam di Indonesia, ujarnya, Baznas diharap dapat terus meningkatkan kinerja, menjaga amanah umat, dan meningkatkan profesionalisme, sehingga persoalan pendidikan, kesenjangan sosial, dan kemiskinan dapat diminimalisir.

“Potensi zakat umat Islam di Tanah Datar masih banyak, selain zakat profesi para Aparatur Sipil Negara (ASN). Ada potensi zakat di sektor pertanian, perkebunan, perdagangan, pertambangan, dan sumber daya lainnya. Bila ini digali dengan maksimal, kita optimis, Baznas akan mampu meningkatkan perannya dalam mencari solusi permasalahan umat,” ujarnya.

Ketua Baznas Tanah Datar Yasmansyah menjelaskan, dana zakat yang didistribusikan untuk pelajar itu, berasal dari zakat guru dan sertifikasi guru. Sebelum ini, imbuhnya, Baznas juga sudah menyalurkan dana zakat Rp680 juta untuk beasiswa masuk perguruan tinggi negeri untuk 333 anak, Rp100 juta untuk beasiswa ke Timur Tengah, dan Rp44 juta untuk beasiswa anak-anak keluarga miskin yang kuliah di luar daerah.

“Mudah-mudahan bantuan ini bisa bermanfaat untuk anak-anak kita, dan menambah motivasinya giat belajar demi masa depan yang lebih baik. Kami doakan para muzaki diberi keberkahan dan kelapangan rezkinya, serta tetap mempercayakan kepada Baznas untuk masyarakat Tanah Datar,” ucapnya.

Turut hadir pada kesempatan itu Camat Lima Kaum Hendra Setyawan, Pimpinan Daerah Aisyah Rusyda Rusli, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Lima Kaum Mustafa Akmal serta undangan lainnya.

(Musriadi Musanif)

Kami Hadir di Google News