Pendidikan

Disdik Pessel Rilis Aplikasi Dapodik Versi Terbaru, Simak Cara Pemakaiannya

141
×

Disdik Pessel Rilis Aplikasi Dapodik Versi Terbaru, Simak Cara Pemakaiannya

Sebarkan artikel ini
Suhendri
Suhendri.
Pesisir Selatan, MJNews.ID – Agar Aplikasi Dapodik versi 2022 dapat digunakan sebagai alat untuk pengumpulan data oleh satuan pendidikan di semua jenjang, maka kepada operator sekolah dan tenaga kependidikan diingatkan agar dapat melakukan uninstall Aplikasi Dapodik versi sebelumnnya.
Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Suhendri, Kamis 29 Juli 2021.
Dia menjelaskan bahwa pemutakhiran data semester 1 tahun ajaran 2021/2022 dilaksanakan menggunakan aplikasi terbaru yang saat ini dirilis yaitu Aplikasi Dapodik versi 2022.
“Integrasi data dan pembaruan aplikasi telah dilaksanakan agar Aplikasi Dapodik versi 2022 dapat digunakan sebagai alat untuk pengumpulan data dari satuan pendidikan. Mulai dari jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, PKBM, SKB, dan SLB,” terangnya.
Dia mengingatkan bahwa yang perlu diperhatikan dalam pemutakhiran data adalah cut off untuk program BOS Reguler pada jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK dilakukan pada tanggal 31 Agustus 2021.
Sedangkan cut off untuk program BOP tahap 2 pada jenjang PAUD (TK, KB, TPA, SPS) dan kesetaraan (SKB/PKBM), dilakukan pula pada tanggal 30 September 2021,” jelasnya.
Dijelaskan juga bahwa Aplikasi Dapodik versi 2022 telah menggunakan database versi baru yang dirilis dalam bentuk installer (tidak ada versi updater).
“Untuk itu, secara teknis diharuskan melakukan uninstall Aplikasi Dapodik versi sebelumnya terlebih dahulu. Setelah Aplikasi Dapodik versi 2022 terpasang, satuan pendidikan diwajibkan untuk merubah password lama. Saya berharap ini menjadi perhatian agar tidak terjadi kekeliruan dalam membuat laporan,” tutupnya.
(myd)

Kami Hadir di Google News