Pendidikan

Akademi Refraksi Optisi Padang Tingkatkan D3 Jadi Diploma 4

147
×

Akademi Refraksi Optisi Padang Tingkatkan D3 Jadi Diploma 4

Sebarkan artikel ini
Akademi Refraksi Optisi Tingkatkan D3 Menjadi Diploma 4
Ketua Pengurus Yayasan Lembaga Pendidikan Tenaga Kesehatan Sumatera Barat YLPTKSB Padang Dr. Haji Amril Amir Dt Rajo Lelo saat memberikan sambutan ketika wisuda ke-25, Rabu (16/12/2020). (ist)

mjnews.id – Akademi Refraksi Optisi (ARO) Yayasan Lembaga Pendidikan Tenaga Kesehatan (YLPTK) Padang, terus meningkatkan kualifikasi pendidikan dari program diploma tiga (D3) menjadi program D4.

Kini sedang dipersiapkan, 2 program studi (prodi) baru, yakni prodi akupuntur serta keselamatan kerja, namun tetap menjalankan prodi refraksi optisi yang lama dan membangunan kampus baru.

Ketua Pengurus Yayasan Lembaga Pendidikan Tenaga Kesehatan Sumatera Barat YLPTKSB Padang Dr. Haji Amril Amir Dt Rajo Lelo, mengungkapkan hal itu, usai wisuda sarjana baru program D3 ARO YLPTK Padang, periode ke 25 di salah satu hotel di Padang, Rabu (16/12/2020).

Menurutnya, lokasi untuk pembangunan kampus baru tersebut telah ada, namun pengurus dan pembina yayasan, akan menentukan lokasi yang tepat dari luas areal 5 ribu meter persegi yang telah tersedia di kawasan Jalan Bypass, Aia Pacah, Padang.

Menurut Amril, kedatangan Pembina YLPTKSB Haji Rustam Efendi, pada wisuda sarjana baru ARO YLPTK Padang itu, sekaligus membicarakan upaya peningkatkan mutu pendidikan dan menentukan lokasi pembangunan kampus baru dimaksud.

Upaya peningkatakan kulifikasi program D3 menjadi kualifikasi D4, berdasarkan anjuran dan hasil rapat secara virtual antara Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) dengan seluruh pimpinan PTS sebagai pengelola program D3, Selasa (23/6) lalu.

Program D3 ARO YLPTK Padang, menjadi kualifikasi D4 ini, jelas Haji Amril, agar program pendidikan fokasi D4 ini, nantinya bisa menghasilkan lulusan yang berhak menyandang sebagai sarjana terapan.

Di sisi lain, Dirjen Dikti, juga mengajak pimpinan PTS yang menggelola program D3, menjadi D4, agar dapat mempersiapkan prasarana pendukung dan prodi yang telah direncanakan.

Direktur Aro YLPTK Padang Dr. Alvia Wesnita, A.Md.RO, S.E.M.Pd. mengatakan, selaku lembaga pendidikan vokasional, Aro tidak terlepas mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, namun hal itu akan terus ditingkatkan.

Terkait persaingan pasar kerja, Aro memilki insting dan inisiatif yang kuat terhadap kebutuhan pasar kerja serta mampu pula menjawab kebutuhan masa kini dan masa mendatang.

Atas nama Lembaga, Alvia mengucapkan selamat atas keberhasilan yang diraih oleh wisudawan/wisudawati. Untuk itu, manfaatkanlah ilmu pengetahuan yang diraih selama menjalani pendidikan dengan baik, sesuai harapan masyarat.

(swl/eds)

Kami Hadir di Google News