Pendidikan

Semarak Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca ke-25

78
×

Semarak Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca ke-25

Sebarkan artikel ini
Penyerahan Souvenir
Penyerahan Souvenir kepada pengunjung pertama pada Senin 14 September 2020. (Ist)

mjnews.id – UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta memperingati Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca, Senin (14/09/2020). Acara tersebut diperingati setiap 14 September setiap tahunnya berdasarkan Piagam Peringatan yang ditandatangani oleh Presiden Soeharto.

Acara dibuka secara resmi oleh plh Kepala Perpustakaan Afrison, S.Kom serta dihadiri oleh mahasiswa dan masyarakat umum disekitar Kota Bukittinggi. Pada sambutannya Afrison, S.Kom mengajak masyarakat untuk meningkatkan minat baca, karena dengan membaca dapat menambah pengetahuan. Ia juga menghimbau agar masyarakat lebih sering datang berkunjung ke perpustakaan. 

Selain digunakan sebagai tempat edukasi belajar mandiri perpustakaan juga mempunyai fungsi sebagai tempat rekreasi dan berwisata.

Untuk menyemarakkan acara Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca yang ke-25 UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta mengadakan beberapa rangkaian kegiatan dari tanggal 14 September sampai dengan 30 September 2020 yang dilaksanakan didalam dan diluar lingkungan UPT Perpustakaan Bung Hatta.

Acara pertama, penyerahan Souvenir diperuntukkan bagi lima orang pengunjung pertama yang datang ke perpustakaan pada tanggal 14 September saat jam buka layanan pukul 08.00 WIB. Kelima pengunjung tersebut bernama Salsabila Dwiana Khairunnisa pelajar MAN 1 Bukittinggi sebagai pengunjung pertama, pengunjung kedua Maya Permata Sari karyawan swasta, pengunjung ketiga Azirmas Dona Mahasiswa Institut Kesehatan Prima Nusantara, pengunjung keempat Nurul Istiqomah Mahasiswa Kesehatan Prima Nusantara Bukittinggi, dan pengunjung kelima Ibnu Hadi Jawas mahasiswa IAIN Bukittinggi.

Acara kedua yaitu pameran buku tentang koleksi-koleksi kebunghattaan diantaranya berjudul untuk negeriku, kemerdekaan dan demokrasi, dan satu abad Bung hatta. Selain itu juga dipamerkan koleksi Tan Malaka menuju merdeka 100%, Muhammad Yamin penggagas Indonesia yang dihujat dan dipuji dan disertai tokoh-tokoh nasional Sumatera Barat dan disertai tokoh-tokoh nasional Sumatera Barat lainnya. 

Pameran buku ini diadakan di ruang galeri kebunghattaan dari tanggal 14 – 30 September.

Acara ketiga, kegiatan bimbingan pemustaka tahap II diikuti oleh 50 (lima puluh) orang peserta yang merupakan anggota perpustakaan, acara bertempat di auditorium UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta pada Senin, 14 September pukul 09.00 WIB dengan tetap menjalankan protokol kesehatan terkait Covid-19. 

Selanjutnya, acara keempat, Pemutaran film yang dilaksanakan sebanyak 5 kali ditanggal 15, 18, 2, 25, dan 30 September 2020. Jumlah peserta dibatasi menjadi 25 orang, guna meminimalkan resiko penularan covid-19. Acara pemutaran film dilaksanakan di ruang mini teater UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta. 

Acara kelima Sosialisasi literasi mobil perpustakaan keliling yang menyediakan buku-buku kebunghattaan. Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan tentang nilai-nilai kebunghattan dan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta di Bukittinggi yang diadakan di STKIP Rokania Pasir Pangiraian Kabupaten Rokan Hulu, Propinsi Riau pada tanggal 16 – 17 September 2020. 

Dengan memperingati Hari Kunjung perpustakaan, diharapkan dapat menjadi media promosi perpustakaan untuk membudayakan kegemaran membaca pada masyarakat sesuai dengan visi misi perpustakaan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan menambah minat masyarakat untuk datang berkunjung ke perpustakaan.

(*/ril)

Kami Hadir di Google News