Pendidikan

Pemkab Solsel Gelar Sosialisasi Implementasi Standar Pelayanan Minimal PAUD

79
×

Pemkab Solsel Gelar Sosialisasi Implementasi Standar Pelayanan Minimal PAUD

Sebarkan artikel ini
Sosialisasi SPM PAUD Solsel
Pj. Sekdakab Solsel, Fidel Efendi, disaksikan Kadisdikpora Novrizon, nara sumber dari BP PAUD Sumbar Elmizar, dan Kabid PAUD Ermiwati, membuka Sosialisasi SPM PAUD di Aula Sarantau Sasurambi, Kamis (8/10/2020). (Humas)

mjnews.id – Sebanyak 60 pengawas TK/SD, penilik sekolah, Himpaudi, IGTK, organisasi mitra (Ormit) dan PKG Lembaga PAUD se Kabupaten Solsel mengikuti sosialisasi implementasi Standar Pelayanan Minimal (SPM) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Aula aula Sarantau Sasurambi, Kamis (8/10/2020).

Sosialisasi digelar dengan penerapan standar protokol kesehatan Covid-19 tersebut, dibuka Bupati Solsel yang diwakili Pj. Sekdakab Fidel Efendi, didampingi Plt. Kadisdikpora Novrizon, dan Kabid Paud & PNF, Ermiwati.

Kasi Peserta Didik dan Pembangunan karakter, Nella Novita, selaku panitia pelaksana menyebutkan, implementasi SPM PAUD tahun 2020 ini bertujuan untuk mendorong pelaksanaan kebijakan SPM PAUD oleh pemda serta mendorong sosialisasi/mendiseminasikan peraturan bupati tentang layanan PAUD minimal 1 tahun pra SD kepada satuan pendidikan, orang tua dan masyarakat.

“Bantuan implementasi SPM PAUD yang didanai APBN ini juga bertujuan mendorong Pemda Kabupaten Solsel menyusun regulasi di level dinas pendidikan dan mendorong pelaksanaan pendataan anak usia 0-6 tahun serta mendorong ketersediaan anggaran SPM PAUD minimal 1 tahun pra SD,“ ujar Nella.

Sementara Kadisdikpora, Novrizon, menyebutkan, untuk menghasilkan generasi masa depan dengan kualitas tinggi dan mampu bersaing, dibutuhkan pola asuh dan pendidikan sejak dini.

“Pendidikan anak usia dini merupakan investasi untuk peningkatan sumber daya manusia di masa depan di Solsel,” ujarnya.

Bupati Solsel dalam sambutannya yang dibacakan Fidel Efendi mengatakan, anak usia dini, lima tahun pertama kehidupan adalah masa emas (golden age) bagi pertumbuhan seorang anak.

Masa usia ini ditandai dengan perkembangan kognitif, linguistik, sosial, emosional dan motorik yang cepat. “Makanya, ini menjadi periode perkembangan terpenting dalam kehidupan anak-anak,” katanya.

Anak-anak yang dipupuk dan dirawat dengan baik, sambungnya, cenderung mengembangkan kemampuan kognitif, bahasa, emosional dan sosial secara keseluruhan, tumbuh lebih sehat, dan memiliki harga diri yang lebih tinggi.

“Pada masa inilah guru dan orangtua harus mampu memaksimalkan potensi tersebut dan membentuknya menjadi anak yang pintar secara akademik maupun secara sosial,” sebutnya.

Tampil nara sumber pada kegiatan ini dari Balai Pembinaan (BP) PAUD Sumbar, Elmizar. Secara umum dia menjabarkan implementasi penerpan SPM PAUD itu sendiri.

(ems)

Kami Hadir di Google News