Pendidikan

Kadisdikbud Agam Lantik 21 Guru dalam Jabatan Fungsional

74
×

Kadisdikbud Agam Lantik 21 Guru dalam Jabatan Fungsional

Sebarkan artikel ini
Kadisdikbud Agam Lantik 21 Guru
Kadisdikbud Agam, Drs. Isra, M.Pd melantik dan mengambil sumpah jabatan fungsional bagi 21 guru, Senin (12/10/2020). (Humas)

mjnews.id – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agam, Drs. Isra, M.Pd melantik sebanyak 21 guru SD dan SMP se-Kabupaten Agam dalam jabatan fungsional guru, Senin (12/10/2020).

“Mengingat kita masih dalam masa darurat pandemi Covid-19, pelantikan dilaksanakan secara tatap muka terbatas. Tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat dan secara virtual. Sebanyak delapan orang perwakilan dihadirkan langsung,” tuturnya. 

Dari 21 orang yang dilantik, 18 diantaranya dari guru SD dan 3 orang guru SMP. Dalam pelantikan tersebut kepala Dinas mengingatkan empat hal penting yang harus dilaksanakan para aparat fungsional guru. Yakni sebagai seorang profesional, guru memiliki tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Kemudian guru harus selalu memiliki dan meningkatkan empat kompetensinya secara berkelanjutan. Mulai dari kompetensi pedagogik, kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik. Kompetensi kepribadian, kemampuan kepribadian yang mantap, berakhlak mulia, arif, dan berwibawa serta menjadi teladan peserta didik. Selanjutnya, kompetensi profesional berupa kemampuan penguasaan materi pelajaran secara luas dan mendalam. 

Terakhir, kompetensi sosial, yaitu kemampuan guru berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan efisien dengan peserta didik, sesama guru, orangtua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar.

Selanjutnya guru harus selalu menjadi seorang inovator. Artinya, guru selalu dituntut utuk mencari inovasi baru dalam melaksanakan pembelajaran. Lebih-lebih dimasa pandemi Covid-19. Tanpa memiliki kemampuan mencari inovasi baru, sulit guru sukses dalam pembelajaran jarak jauh seperti sekarang. Salah satu kunci suksesnya guru, harus menguasai IT.

Terakhir sebagai seorang ASN, guru harus menjaga netralitas dalam masa pilkada saat ini. Jangan sampai ada ASN yang terlibat politik praktis. Tapi sebagai warga negara, guru harus ikut memilih pada 9 Desember 2020 nanti. Mohon dukungan semua guru untuk suksesnya Pilkada.

Terakhir, disampaikan ucapan selamat kepada yang baru dilantik semoga bisa menjalankan amanah sesuai sumpah jabatan yang telah diucapkan. 

(Irma AM)

Kami Hadir di Google News