Opini

Belajar dari Covid 19

85
×

Belajar dari Covid 19

Sebarkan artikel ini
Belajar dari Covid 19

Oleh : Hendra
Tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. Ini jelas hari bersejarah bagi bangsa ini, sekaligus untuk mengevaluasi diri sejauh mana makna pendidikan berarti bagi anak bangsa kita. Apalagi tahun ini peringatan Hari Pendidikan Nasional itu bertepatan dengan bulan Ramadhan dan di tengah merebaknya virus Corona Covid-19.

Sesuai surat Mendikbud RI Nomor: 42518/MPK.A/TU/2020 tanggal 29 April 2020 tentang Pedoman Peringatan Hardiknas tahun 2020, menegaskan tema Hardiknas adalah “Belajar dari Covid-19”.

Tema ini secara filosofi memiliki makna yang mendalam. Pertama, mengingatkan kembali peran orang tua akan tanggung jawabnya mendidik putra putrinya terutama akhlak mulia yang mulai diterapkan di lingkungan keluarga. Karena, saat ini orang tua pada umumnya juga bekerja dari rumah dan peserta didik belajar daring/jarak jauh dari rumah juga.
Selanjutnya orang tua juga akan dapat mengajarkan anaknya untuk beribadah bersama di rumah, apalagi saat ini di bulan Ramadhan mengajarkan kebaikan kepada anak dan mempraktikkannya besar pahalanya dari Allah SWT.

Pertama, penyebaran Covid-19 telah mengembalikan makna pendidikan itu adalah tanggung jawab bersama; sekolah, orang tua dan masyarakat. Dengan banyaknya waktu tatap muka orang tua dan anaknya diharapkan capaian makna pendidikan untuk “memanusiakan manusia” akan dapat dilihat dari generasi muda milenial yang akan datang, sesuai tujuan pendidikan nasional untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, cerdas, terampil, kreaktif serta mencintai bangsa dan negaranya.

Kedua, merebaknya Covid-19 di tengah masyarakat dunia mengajarkan makna pembelajaran untuk patuh dan taat terhadap protokol kesehatan, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Sikap disiplin yang harus diterapkan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, memakai masker, menjaga jarak sosial, menjaga kesehatan dan tetap di rumah, merupakan pembelajaran bagi peserta didik, orang tua dan pendidik untuk menerapkan disiplin dalam kehidupannya.

Ketiga, Covid-19 mengajarkan kepada kita untuk selalu siap menghadapi kondisi yang sulit, dengan keharusan untuk bekerja keras, hidup hemat dan selalu memiliki tabungan untuk mampu bertahan hidup dalam situasi darurat seperti ini. Makna kehidupan saat ini akan memberikan pelajaran berharga untuk kita semua.

Akhirnya Covid-19 memberi makna dalam pembelajaran bahwa pendidikan adalah tanggung jawab utama sekolah, orang tua dan masyarakat. Penegakan disiplin adalah kata kunci untuk berhasilan seseorang dalam hidup dan kehidupannya dan Covid-19 memberikan makna kita harus selalu siap dalam menghadapi kondisi darurat. (*)

Kami Hadir di Google News