Nasional

Tertidur saat Terbang, Pilot Kopilot Batik Air Dinonaktifkan, Penerbangan Sempat Melenceng dari Jalur

107
×

Tertidur saat Terbang, Pilot Kopilot Batik Air Dinonaktifkan, Penerbangan Sempat Melenceng dari Jalur

Sebarkan artikel ini
Pilot Batik Air tertidur 28 menit saat tugas pesawat akhirnya nyasar
Ilustrasi Batik Air. (Foto: Tribun)

Mjnews.id – Tertidur saat terbang, Pilot Kopilot Batik Air dinonaktifkan. Penerbangan sempat melenceng dari jalur.

Pilot dan Kopilot dari pesawat Batik Air yang mengangkut 153 penumpang tujuan Kendari Jakarta yang tertidur saat penerbangan dinonaktifkan atau dibebas tugaskan untuk kepentingan investigasi.

Tertidurnya pilot dan kopilot ini membuat penerbangan sempat melenceng dari jalurnya.

Pada 25 Januari 2024, pilot dan kopilot yang menerbangkan pesawat Batik Air ID6723 dari Kendari ke Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Banten tertidur.

Akibatnya, pesawat tidak berada di jalur penerbangan yang benar dan sempat melenceng.

Pilot dan kopilot terbangun setelah mendapat panggilan dari pusat kendali wilayah Jakarta hingga akhirnya balik arah dan mendarat di Bandara Soekarno Hatta.

Saat meninjau kesiapan mudik di Cirebon, Jawa Barat, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, akan melakukan investigasi agar kejadian serupa tak lagi terulang di kemudian hari.

“Kita menegur keras Batik Air dan juga minta agar dilakukan sanksi sesuai dengan ketentuan,” katanya dilansir dari kanal YouTube Kompas TV Pontianak, Senin, 11 Maret 2024.

Sebelumnya, 25 Januari 2024 pilot dan kopilot yang menerbangkan pesawat Batik Air dari Kendari menuju Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Banten tertidur sekitar 28 menit.

Hal ini menyebabkan pesawat tidak berada di jalur penerbangan yang benar atau sempat menyasar ke ruang udara Cianjur, Jawa Barat.

Kami Hadir di Google News