Nasional

Wakil Ketua Komisi IV DPR: Urusan Lumbung Pangan Sebaiknya di Kementan

75
×

Wakil Ketua Komisi IV DPR: Urusan Lumbung Pangan Sebaiknya di Kementan

Sebarkan artikel ini
Wakil Ketua Komisi IV DPR: Urusan Lumbung Pangan Sebaiknya di Kementan
Presiden Jokowi bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat meninjau kawasan food estate bersama di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. (Insta @prabowo)
mjnews.id – Wakil Ketua Komisi IV DPR, Daniel Johan merespons ditunjuknya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengurusi lumbung pangan nasional oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia menilai kewenangan terkait lumbung pangan seharusnya diserahkan kepada Kementerian Pertanian (Kementan).
“Baiknya tugas ini memang dilimpahkan ke Kementerian Pertanian karena infrastruktur dan birokrasi terkait adanya di sana sehingga lebih efektif tidak muter-muter lagi,” kata Daniel.
Ia memandang Prabowo tidak bisa bekerja sendiri dalam mengurusi lumbung pangan nasional. Karena itu, ia menganggap Prabowo secara otomatis perlu melibatkan Kementan.
“Iya karena menteri terkait kan Kementan, banyak kesangkut kebijakan yang beririsan dengan Kementan,” ujar politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu. 
Kendati demikian, ia memandang arahan yang diberikan Presiden Jokowi kepada Prabowo merupakan tugas khusus yang diberikan sambil menguji kinerja Prabowo di sektor pangan. Hal tersebut mengingat Prabowo kerap berbicara mengenai kedaulatan pangan.
“Kalau sudah diputuskan menjadi tugas Menhan, yah, kita dukung dan lihat bagaimana nanti jalannya,” ungkapnya.
Sebelumnya Juru Bicara Menhan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar-Lembaga, Dahnil Anzar Simanjuntak mengungkapkan Presiden Jokowi memberikan mandat kepada Kemenhan untuk memperkuat sektor pangan di Indonesia. Salah satunya dengan memperkuat food estate. (*/eds)

Kami Hadir di Google News