Nasional

Kongres Berkebaya Nasional Secara Virtual, Pengukuhan Kebaya Sebagai Jati Diri Bangsa

91
×

Kongres Berkebaya Nasional Secara Virtual, Pengukuhan Kebaya Sebagai Jati Diri Bangsa

Sebarkan artikel ini
Kongres Berkebaya Nasional
Suasana konferensi pers kongres berkebaya nasional secara virtual. (ist)

mjnews.id – Di tengah pandemi Covid-19, Perempuan Berkebaya Indonesia menggelar kongres berkebaya nasional secara virtual, pada 21 – 22 Desember mendatang.

“Kegiatan kongres ini sudah beberapa kali penundaan. Akhirnya terlaksana pada Desember,” ucap Ketua Umum Perempuan Berkebaya Indonesia Rahmi Hidayati ketika konferensi pers dengan sejumlah wartawan melalui aplikasi Zoom, Selasa (10/11/2020).

“Tujuan kongres, memperkuat gerakan pelestarian budaya khususnya busana tradisional Indonesia, melalui pengenalan dan ajakan menggunakan kebaya kepada generasi muda. Kemudian mendapatkan pengakuan dunia (UNESCO), dengan cara mendaftarkan kebaya sebagai warisan tak benda asal Indonesia dan mendorong pemerintah menetapkan Hari Berkebaya Nasional sehingga tahap berikutnya dapat merancang program pemberdayaan masyarakat melalui produksi dan pemasaran Kebaya,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, kegiatan merupakan pertemuan besar para wakil organisasi (politik, sosial, profesi, akademis) atau pihak-pihak yang memiliki kepentingan untuk mendiskusikan dan mengambil keputusan tentang perlestarian kebaya sebagai elemen budaya Indonesia.

Acara yang digagas Perempuan Berkebaya Indonesia (PBI) ini didukung Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan , Kementrian Pendidikan & Kebudayaan, Kementerian Koperasi & UKM, Kementrian Komunikasi dan Informatika.

Ketua Penyelenggara Lana T Koentjoro menjelaskan acara yang akan diikuti oleh peserta secara Nasional dengan target 1.000 peserta, selama dua hari ini akan diisi dengan Diskusi kebaya dari masa ke masa. Mulai dari aspek ekonomi, psikologis dan politik.

Ditambahkannya, kebaya sebagai busana Nasional Indonesia merupakan warisan para leluhur.Sejak dahulu kebaya dipakai oleh banyak perempuan Indonesia yang tersebar di banyak daerah di seluruh Indonesia.

Kebaya mengandung filosofi mendalam dengan nilai sejarah yang tinggi. Kehadirannya di berbagai wilayah Indonesia menjadikan kebaya sebagai salah satu alat pemersatu bangsa.

Saat ini Kebaya Kembali mendapat perhatian masyarakat dan pemerintah seiring tumbuhnya kesadaran mengenai kekayaan budaya Indonesia hal ini ditandai dengan maraknya kemunculan berbagai komunitas perempuan yang bertujuan mengangkat kembali kebaya sebagai busana tradisional kebanggan Indonesia, yang dapat digunakan di dalam setiap aktivitas sehari-hari.

(lgg/eds)

Kami Hadir di Google News