Kemenhub

Dirjen Hubla Kemenhub Launching Aplikasi PNBP Kesyahbandaran

70
×

Dirjen Hubla Kemenhub Launching Aplikasi PNBP Kesyahbandaran

Sebarkan artikel ini
Dirjen Hubla Kemenhub Launching Aplikasi PNBP Kesyahbandaran
Direktur Jenderal Perhubungan Laut R. Agus H. Purnomo pada saat memberikan sambutan dalam acara peluncuran aplikasi PNBP di KSU Makassar, Sabtu 22 Mei 2021.

MJNews.id – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan meluncurkan aplikasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Internal Kantor Kesyahbandaran Utama (KSU) Makassar guna mengoptimalkan pelayanan kepada pengguna jasa terkait pembayaran PNBP khususnya berupa Jasa Rambu dan Penerimaan Uang Perkapalan (PUP).

“Saya mengapresiasi atas inovasi yang dilakukan dalam peluncuran dan pengembangan aplikasi PNBP internal Kantor KSU Makassar. Karena melalui aplikasi ini dapat lebih memudahkan para petugas PNBP sehingga dapat meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa serta pertanggungjawaban dalam pelaksanaan pelaporannya,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Laut R. Agus H. Purnomo pada saat memberikan sambutan dalam acara peluncuran aplikasi PNBP di KSU Makassar, Sabtu 22 Mei 2021.

Menurutnya, ke depan aplikasi ini akan terus dikembangkan serta akan diintegrasikan pada sistem inaportnet dan harapan nantinya dapat digunakan di kantor KSOP/UPP lainnya sebagai UPT Perhubungan Laut yang memungut Jasa Rambu dan PUP.

Untuk itu, ia menghimbau agar setiap UPT berupaya untuk mencapai bahkan melampaui target penerimaan PNBP serta melaksanakan efisiensi penggunaan anggaran. 

Terkait penanganan limbah B3 di Pelabuhan, Dirjen Agus menegaskan bahwa di setiap Pelabuhan harus menyiapkan fasilitas pengelolaan limbah dan harus jelas penanganannya hingga pada penanganan terakhir. 

Ia mengimbau kepada seluruh pihak terkait di Pelabuhan agar mendukung para pengusaha dan masyarakat yang berusaha dalam Pelabuhan dalam menjalankan usahanya khususnya dimasa pandemi ini agar roda ekonomi dapat tetap berjalan dengan baik. 

“Kepada seluruh insan perhubungan agar selalu berinovasi untuk mengembangkan teknologi informasi atau membangun sistem untuk mempermudah pelaksanaan pekerjaan sesuai tupoksi masing-masing,” tambah Dirjen Agus. 

Dalam acara tersebut menghadirkan perusahaan pelayaran di Makassar dan dari UPT Perhubungan Laut se-Indonesia Timur yang telah menerapkan Inaportnet, diantaranya Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar, Kantor Disnav Kelas I Makassar, KSOP Kelas I Sorong, KSOP Kelas I Ambon, KSOP Kelas I Balikpapan, KSOP Kelas II Bitung, KSOP Kelas II Manado, KSOP Kelas II Kendari, KSOP Kelas II Pare-Pare, KSOP Kelas II Samarinda, dan UPP Kelas I Bau-Bau dan dari PT. Pelindo IV (persero) selaku BUP di pelabuhan.

Di akhir kesempatan, Dirjen Agus melanjutkan kegiatan dengan melakukan peninjauan ke kantor UPP Garongkong dan UPP Maccini Baji. Di kedua lokasi tersebut, Ia meninjau ke Dermaga Pelabuhan, serta memonitor kesiapan UPT terhadap pelayanan Kapal Perintis dan pelayanan di masing-masing wilayah kerja UPT. Dalam kunjungan tersebut, Ia membahas rencana kerjasama pemanfaatan aset antara UPP Garongkong dengan PT Pelindo IV, yang dihadiri langsung oleh Direktur Utama PT Pelindo IV.

(rls) 

Kami Hadir di Google News