Kemendagri

Gelar Rakor di Balikpapan, Kemendagri Komit Dukung Kesuksesan Penyelenggaraan Pemilu 2024

79
×

Gelar Rakor di Balikpapan, Kemendagri Komit Dukung Kesuksesan Penyelenggaraan Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Dirjen Polpum Kemendagri, Bahtiar saat memberikan sambutan dalam Rakor Sinergi Pelaksanaan Program Kegiatan Bidang Politik dan Pemerintahan Umum
Dirjen Polpum Kemendagri, Bahtiar saat memberikan sambutan dalam Rakor Sinergi Pelaksanaan Program Kegiatan Bidang Politik dan Pemerintahan Umum, Senin (20/2/2023). (f/puspen kemendagri)

Balikpapan, Mjnews.id – Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri berkomitmen mendukung kesuksesan penyelenggaraan Pemilu 2024 melalui kerja sama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) di seluruh daerah di Indonesia.

Ihwal penyelenggaraan Pemilu 2024 tersebut menjadi topik utama yang dibahas dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Sinergi Pelaksanaan Program Kegiatan Bidang Politik dan Pemerintahan Umum.

Rakor yang diselenggarakan di Hotel Novotel Balikpapan, Kalimantan Timur, ini merupakan inisiasi dari Ditjen Polpum sebagai upaya menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 tersebut.

“Hari ini memang fokus diskusi kita terkait dengan membangun ekosistem Pemilu 2024, seluruh unsur kami hadirkan baik dari KPU maupun kawan-kawan semua,” ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Polpum Kemendagri, Bahtiar saat memberikan sambutan dalam acara tersebut, Senin (20/2/2023).

Lebih lanjut, dia menambahkan, tahun 2024 merupakan momentum untuk pembangunan tata kelola politik baru di Indonesia. Pasalnya, suksesi kepemimpinan nasional dan daerah dilakukan di tahun yang sama. Langkah ini juga merupakan bagian dari perencanaan pembangunan politik.

“Seluruh perangkat hukum KPU/Bawaslu sudah siap, uangnya juga sudah ada. Penyelenggaranya juga sudah siap. Bahkan kontestannya juga sudah ada. Sudah ada 18 partai di tingkat nasional dan 6 partai lokal di Aceh,” tandasnya.

Mengenai pemilihan tempat pelaksanaan Rakor, Bahtiar mengungkapkan bahwa dirinya berharap dapat mendekatkan masyarakat dengan Ibu Kota Nusantara (IKN), yang saat ini tengah berproses. “Kita duduk bareng gitu, sengaja kita buat di Balikpapan supaya terbiasa rapat di Ibu Kota Negara di Indonesia,” tandas Bahtiar.

Sebagai informasi, Rakor ini berlangsung selama dua hari dari tanggal 20 hingga 21 Januari 2023. Adapun materi Rakor dibagi ke dalam tiga panel, yaitu panel I terkait perencanaan program/kegiatan dan anggaran Bidang Kesbangpol di daerah. Panel II membahas penguatan kelembagaan Kesbangpol di daerah. Panel III menyoroti kewaspadaan nasional menjelang pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak tahun 2024. Terakhir, acara ditutup dengan penyusunan rekomendasi dan Rencana Tindak Lanjut (RTL).

(rel/eki)

Kami Hadir di Google News