Tekno

Ini Dia Tips Merawat Ban dari Menara Agung

72
×

Ini Dia Tips Merawat Ban dari Menara Agung

Sebarkan artikel ini
Menara Agung Beri Tips Merawat Ban
Pihak Menara Agung memberikan ban standar AHM kepada salah seorang konsumen, yang ingin mengganti ban sepeda motornya di showroom Jalan Veteran. (ist)

mjnews.id – PT Menara Agung yang merupakan main dealer sepeda motor Honda dan sparepart wilayah Sumatera Barat membeberkan tips mudah merawat ban. 

Part manager dari PT Menara Agung, Ferry Susilo, mengatakan,? langkah mudah merawat ban agar tetap dalam kondisi prima. Ada beberapa poin yang harus diperhatikan saat melakukan perawatan ban luar. 

Periksa tekanan angin ban setiap 2 minggu sekali dan lakukan pada saat kondisi ban dingin. Periksa secara periodik kondisi visual ban secara keseluruhan.? Jaga kebersihan ban. Bersihkan ban secara rutin, agar tidak banyak kerikil dan pasir yang menempel. Karena kerikil dan pasir halus berpotensi menyebabkan permukaan ban mudah terkikis dan bocor. 

Ban yang selalu terjaga kebersihannya membuat elastisitas tetap baik sehingga bisa bekerja optimal. Bersihkan juga ban yang terkena oli/gemuk dengan kain yang diberi sedikit bensin, lalu bilas dengan air. Sesuaikan ukuran tekanan angin. Aturlah tekanan angin sesuai dengan anjuran pabrikan, jangan sampai kurang atau kelebihan. 

Ingat, kurang tekanan angin bisa mengakibatkan ban benjol, permukaan ban habis tidak merata, tarikan motor jadi berat dan boros bahan bakar. Sedangkan kelebihan tekanan angin bisa bikin ban jadi keras sehingga daya serap guncangan berkurang, stabilitas kendali berkurang, bagian tengah ban pun lebih cepat habis dan rawan meletus.

Hindari bawa beban berlebihan. Pakailah ban sesuai petunjuk yang mengacu pada load index dan speed symbol. Informasi ini bisa dilihat pada dinding ban. Sering membawa beban berlebih membuat tekanan ban jadi lebih besar. Hal ini membuat permukaannya yang menyentuh aspal jadi lebih banyak, sehingga bisa membuat ban cepat aus.

Periksa ketebalan kembangan ban. Selain untuk menjaga kenyamanan berkendara, bagian ini adalah langkah preventif mencegah terjadinya kecelakaan karena kondisi ban yang sudah botak atau aus. Perhatikan bagian Treat Wear Indicator (TWI) berupa tonjolan kecil di sela-sela kembangan, apakah posisinya sudah sejajar dengan bagian terluar ban atau belum. Jika sudah sejajar dengan karet terluar ban, itu artinya ban harus diganti.

(eds)

Kami Hadir di Google News