Tekno

Layani Medan Berat, Ini Truk Andalan BNPB

93
×

Layani Medan Berat, Ini Truk Andalan BNPB

Sebarkan artikel ini
Truk GAZ Sadko
Truk GAZ Sadko.

Mjnews.id – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggunakan dua truk GAZ Sadko untuk menembus medan berat dalam rangka pengiriman logistik bantuan bagi korban banjir dan longsor di Sukajaya, Bogor.

“Truk dengan spesifikasi offroad ini dengan mudah menerjang medan berlumpur, berkemiringan maupun bergenangan,” Agus Wibowo, Kepala Bidang Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB dalam keterangan tertulisnya, Rabu 22 Januari 2020.

Dua truk itu berjenis Gorkovsky Avtomobilny Zavod (GAZ) Sadko Ural 6 x 6 dan Sadko Next 4 x 4. GAZ adalah kendaraan buatan Rusia yang biasa merakit kendaraan militer menengah.

Truk berseri Sadko Ural 6 x 6 mampu mengangkut beban hingga 6 ton atau berkapasitas 30 orang. Truk ini juga dapat mengarungi genangan air dengan kedalaman hingga 1,7 meter. Sementara itu, seri lainnya Sadko Next 4 x 4 dengan spesifikasi lebih ringan yaitu berdaya angkut 2,5 ton atau berkapasitas 30 orang.

GAZ Ural 432007-31 mengandalkan penggerak 6X6. Dapur pacu cukup perkasa dengan mesin diesel YMZ-238M2T V8 berkapasitas 4.860 cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 240 hp dengan transmisi manual lima percepatan. Kendaraan ini bisa dipacu hingga 82 kilometer per jam.

Adapun GAZ Sadko Next menggunakan mesin diesel YMZ-534 V4 berkapasitas 4.430 cc menyemburkan tenaga 150 hp dengan transmisi manual 5 percepatan. Kecepatan sedikit lebih baik mencapai 95 km/jam. GAZ Sadko Next dilengkapi sistem inflasi ban sentral (CTIS) sebagai perlengkapan standar.

Hebatnya lagi, Kendaraan ini dapat meluncur pada kemiringan 31 derajat dan mengarungi genangan air hingga kedalaman 1,2 meter. Truk ini digunakan dalam operasi penanganan darurat, khususnya pengangkutan logistik bantuan di wilayah Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor pascabencana banjir bandang dan longsor beberapa waktu lalu. Operasional kendaraan ini di bawah kendali Korem Bogor.

(*/eds)

Kami Hadir di Google News