Tekno

Apple Ubah Peta Permainan Smartphone Murah Lewat iPhone SE 2020

57
×

Apple Ubah Peta Permainan Smartphone Murah Lewat iPhone SE 2020

Sebarkan artikel ini
Apple Ubah Peta Permainan Smartphone Murah Lewat iPhone SE 2020
iPhone SE 2020.

mjnews.id – Minggu lalu, Apple memperkenalkan iPhone SE. Ini adalah generasi terbaru dari iPhone SE original yang diperkenalkan pada 2016 lalu.

Bentuk dari iPhone SE ini identik dengan iPhone 8. Perbedaannya, adalah spesifikasi lebih garang, dan harga yang jauh lebih murah.

Dengan ini, praktis peta permainan smartphone murah telah resmi diubah oleh Apple. Mengapa? Karena sudah jadi hukum alam di industri smartphone, di mana tingkatan tertinggi adalah smartphone flagship. Selain itu, ada deret smartphone dengan harga murah yang disebut “flagship killers.”

Dengan adanya iPhone SE, Apple membuat flagship killers-nya sendiri. Bagaimana tidak, merek-merek yang dulunya adalah flagship killer seperti OnePlus, kini memasang banderol harga mahal untuk perangkatnya.

Kamera Luar Biasa

Aspek lain yang mengubah peta permainan smartphone murah, adalah kamera terbaik yang terpasang di iPhone SE. Dengan harga yang kurs-nya hanya 6 jutaan, Apple mengklaim bahwa iPhone SE membawa sistem satu kamera terbaik di iPhone.

Bahkan, kamera iPhone SE bisa disejajarkan dengan iPhone 11 Series yang harganya di atas 1.000 Dollar, hanya minus kamera wide dan telefoto saja.

Tak selesai dengan itu, iPhone SE bisa merekam video 4K di bingkai 60fps. Kemampuan dan kualitas video ini telah terjamin tidak bisa disamai oleh smartphone berbasis Android manapun, bahkan di kelas flagship sekalipun.

Soal kamera dari gadget satu tingkat, iPhone SE mungkin bakal bisa disusul oleh Google Pixel 4a yang belum diketahui kapan rilisnya.

Performa Terbaik

Secara desain mungkin iPhone SE ketinggalan zaman. Namun soal performa, iPhone ini termasuk di jajaran depan. Bagaimana tidak, paduan prosesor tercanggih Apple yakni A13 Bionic, serta ekosistem Apple yang otomatis diusung dalam sekali lagi, harga yang murah.

Hal ini tak bisa dicapai oleh smartphone lain dengan harga serupa. Bahkan, smartphone dengan harga setara tak bisa mendapatkan prosesor kualitas flagship.

Terlebih dengan beberapa fitur tambahan seperti sertifikasi IP67 dan pengecasan nirkabel. Sangat sulit menemukan smartphone lain di rentang harga murah dengan fitur sebaik iPhone SE.

Bisa jadi, iPhone SE adalah smartphone mungil dan ringkas terbaik di 2020, sekaligus smartphone murah terbaik tahun ini. Demikian merdeka.com. (*/eds)

Kami Hadir di Google News