Tekno

Menara Agung Berbagi Tips Berkendaraan Harus Perhatikan Rem

98
×

Menara Agung Berbagi Tips Berkendaraan Harus Perhatikan Rem

Sebarkan artikel ini
Mekanik Menara Agung menunjukkan posisi kanvas rem depan
Mekanik PT Menara Agung menunjukkan posisi kampas rem depan di sepeda motor Honda. (ist)
mjnews.id – Rem jadi komponen penting pada sepeda motor. Maka itu kondisinya harus selalu diperhatikan, agar tetap berfungsi menghentikan laju kendaraan. Salah satu komponen yang perlu rutin diganti adalah kampas rem.
Untuk itu, PT Menara Agung sebagai main dealer sepeda motor Honda dan Spare Parts di Sumatera Barat akan memberikan beberapa info dan tips kepada pengendara sepeda motor bagaimana merawat kampas rem sepeda motor kesayangan.
Part Manager PT Menara Agung, Ferry Susilo mengatakan, kampas rem terdiri dari atas 2 jenis yaitu kampas rem tromol dan kampas rem cakram. Selama ini masih banyak para pengguna sepeda motor tidak mengetahui fungsi penting dari kampas rem.
Kampas rem mempuyai fungsi untuk memberhentikan atau memperlambat motor. Kampas rem terbuat dari bahan bebas asbes. Nah agar kampas rem awet berikut tips perawatan kampas rem sepeda motor. 
Untuk langkah pertama yang harus dilakukan, yaitu perhatikan apakah kampas rem sudah seharusnya diganti. Bagaimana mengetahui kampas rem sudah saatnya diganti? 
Perhatikan indikator untuk melihat apakah kampas rem sudah saatnya diganti, bisa juga di lakukan dengan melakukan tes pengereman berkendara, apakah ada bunyi berdecit pada saat pengereman. Dan saat menekan tuas rem atau menginjak pedal rem, terasa lebih dalam dari ukuran standarnya.
“Langkah selanjutnya bersihkan secara rutin debu halus dirumah rem dengan menggunakan kuas. Setelah dibersihkan, jangan lupa check kondisi per dan tuas rem apakah masih bekerja secara maksimal. Hindari adanya minyak pelumas pada rumah rem (drum brake),” kata Ferry.
Cara merawat rem yang terakhir, yakni menggunakan rem dengan semestinya, saat berkendara usahakan jarak dengan kendaraan di depan tidak terlalu dekat, hal ini untuk menghindari penggunaan rem yang terlalu sering. 
“Saat melakukan pengereman secara terus menerus maka akan mengakibatkan kampas rem mudah terbakar, sehingga mengurangi umur kampas atau cepat habis,” ujar Ferry.
Untuk perawatan rem sebenarnya tidaklah sulit jika mematuhi tips dan panduan tersebut, serta menggunakan jasa rem dengan semestinya. Untuk lebih maksimalnya lakukanlah perawatan sepeda motor anda dengan memilih suku cadang asli dari Honda atau Honda Genuine Parts dan melakukan servis berkala di bengkel resmi sepeda motor Honda (AHASS). (eds)

Kami Hadir di Google News