PendidikanSumatera Barat

UIN Imam Bonjol Padang Wisuda Virtual 1.190 Lulusan

82
×

UIN Imam Bonjol Padang Wisuda Virtual 1.190 Lulusan

Sebarkan artikel ini
UIN Imam Bonjol Padang Wisuda Virtual
UIN Imam Bonjol Padang Wisuda Virtual 1.190 Lulusan.

mjnews.id – Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang sukses melaksanakan wisuda secara virtual sebanyak 1.190 lulusan. Mereka terdiri dari 66 lulusan program diploma, 986 lulusan program sarjana, dan 138 lulusan Program Pascasarjana.

Menurut Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Prof. Dr. Eka Putra Wirman, Lc, M.A, lulusan ini merupakan salah satu perwujudan bentuk tanggung jawab kepada agama, bangsa dan negara Indonesia, dan sekaligus merupakan wujud karya utama UIN Imam Bonjol Padang.

”Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya atas nama seluruh civitas akademika UIN Imam Bonjol Padang, mengucapkan selamat kepada para wisudawan/wati atas keberhasilannya menyelesaikan studi di UIN Imam Bonjol Padang,” katanya kepada para hadirin, di Gedung Serba Guna UIN Imam Bonjol Lubuk Lintah Padang, Rabu (25/11/2020).

Ia mengatakan, acara wisuda juga merupakan salah satu wujud nyata dari hasil kerja tridharma UIN Imam Bonjol Padang, dalam kerangka akuntabilitas UIN Imam Bonjol Padang kepada agama, bangsa, dan negara. Mendidik dan meluluskan mahasiswa merupakan gabungan karya nyata dharma pendidikan, dharma penelitian, dan dharma pengabdian kepada masyarakat.

”Kami berharap semua wisudawan dapat berkontribusi maksimal bagi kemaslahatan masyarakat, agama, bangsa, dan negara dimana pun mereka berkiprah nantinya,” tambahnya.

Terkait acara wisuda secara virtual, diakuinya memang berbeda dari semua agenda wisuda yang pernah dilakukan sebelumnya. Surat Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri (SKB 4 Menteri) Agustus 2020 mengatur pelaksanaan pembelajaran dan aktivitas akademik di perguruan tinggi, dilaksanakan secara daring guna menghindari penyebaran pandemi Covid-19.

”Wisuda virtual yang kita laksanakan hari ini berada dalam bingkai regulasi induk tersebut. Dengan kesungguhan dan keseriusan kita bersama, pertemuan di ruang maya ini tidak akan mengurangi nilai, spirit, dan substansi dari kegiatan wisuda. Meskipun kita hanya bertemu dalam aplikasi, acara wisuda yang kita laksanakan hari ini tetap menjadi agenda sakral yang menjadi penanda fase baru dalam hidup para wisudawan/wisudawati yang berbahagia,” ujarnya.

Eka mengatakan, untuk meningkatkan daya tampung institusi, pada 2020, UIN Imam Bonjol Padang telah resmi membuka Fakultas Sains dan Teknologi di Kampus III Sungai Bangek yang merupakan fakultas ke-7.

”Pada semester ganjil 2020/2021 juga terdapat 2 prodi baru yang perdana menerima mahasiswa dan melaksanakan perkuliahan. Prodi tersebut adalah Ilmu Informasi dan Perpustakaan Islam di Fakultas Adab dan Humaniora dan Ilmu Hadits di Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama. Dengan dibukanya fakultas dan prodi baru tersebut, UIN Imam Bonjol Padang kini memiliki 7 fakultas dan program pascasarjana yang memayungi 42 program studi diploma 3, strata 1, strata 2, dan strata 3,” ungkapnya.

Kehadiran fakultas ini menegaskan eksistensi UIN Imam Bonjol Padang sebagai lembaga pendidikan tinggi di level universitas. Sebagai universitas Islam, UIN Imam Bonjol Padang diberi wider mandat untuk mengembangkan keilmuan sains dan teknologi di samping keilmuan Islam yang telah menjadi core keilmuannya sejak lama.

”Sesuai dengan rencana pengembangan, untuk kian mempertegas eksistensi tersebut, semoga rencana pembukaan fakultas-fakultas umum lainnya juga dapat terwujud dalam waktu dekat,” tutupnya.

(eds)

Kami Hadir di Google News