PendidikanSumatera Barat

Bupati Pasbar Hadiri Khatam Alquran TPQ dan MDTA se-Kecamatan Gunung Tuleh

140
×

Bupati Pasbar Hadiri Khatam Alquran TPQ dan MDTA se-Kecamatan Gunung Tuleh

Sebarkan artikel ini
Bupati Pasbar Hadiri Khatam Alquran TPQ dan MDTA se-Kecamatan Gunung Tuleh
Bupati Pasbar Hadiri Khatam Alquran TPQ dan MDTA se-Kecamatan Gunung Tuleh. (f/kominfo)

Mjnews.id – Bupati Pasaman Barat (Pasbar), Hamsuardi didampingi stakeholder terkait menghadiri Khatam Alquran ke-3 TPQ/MDTA se-Kecamatan Gunung Tuleh 2023, di Masjid Raya Nagari Muara Kiawai, Kecamatan Gunung Tuleh, Selasa (30/5/2023).

Dalam kegiatan yang bertemakan “Menuju Generasi Muda Gunung Tuleh yang Mengenal Al-Qur’an, Pecinta Al-Qur’an dan Berakhlak Al-Qur’an” itu, Bupati Hamsuardi berharap siswa SD yang mengikuti Khatam Al-Qur’an itu dapat melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi, apapun rintangan yang dihadapi.

Ia menyebutkan, Program Unggulan Pemda Pasbar terutama bidang keagamaan juga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari diantaranya Magrib Mengaji, Tahfidz Al-Qur’an, serta memanfaatkan program Berobat Gratis.

“Kepada semua yang hadir, mari berikan kesempatan kepada anak-anak untuk menghafal Al-Qur’an. Anak-anak penghafal Al-Qur’an ini nantinya akan membawa kita ke surgaNya Allah SWT. Pemda Pasbar mendukung sepenuhnya, agar generasi penerus lebih baik dari masa ke masa,” tangkas Hamsuardi.

Disamping itu, Camat Gunung Tuleh M. Ghor mengungkapkan Kecamatan Gunung Tuleh telah menjalankan program unggulan Pemda Pasbar diantaranya Magrib Mengaji, Tahfidz Al-Qur’an, mengadakan pengajian khususnya usia 40 tahun ke atas disetiap minggunya, Khatam Al-Qur’an kerjasama Forkopimca Gunung Tuleh, jumpa nagari, serta akan membangun Islamic Center sebagai pusat kajian keagamaan Kecamatan Gunung Tuleh.

“Terima kasih kepada panitia dan masyarakat Kecamatan Gunung Tuleh secara gotong royong menyelenggarakan kegiatan ini. Terima kasih juga kepada para donatur. Tahun lalu MTQ kita mendapatkan juara 4, semoga tahun ini dapat ditingkatkan hingga mendapat 3 besar,” jelas M. Ghor.

Kakan Kemenag melalui Kasi Bimnas Ronaldi menyebutkan Kemenag mengapresiasi setinggi-tingginya pemerintah kecamatan yang rutin menyelenggarakan Khatam Al-Qur’an. Ia menambahkan, tujuan penyelenggaraan kegiatan itu adalah untuk membumikan Al-Qur’an di Pasbar khususnya di Gunung Tuleh, dan memasangkan mahkota di kepala orangtuanya kelak.

Selain itu, Ketua Panitia Ade Permana Putra mengucapkan terima kasih atas kedatangan Bupati Hamsuardi dan rombongan. Ia menyebutkan, Khatam Al-Qur’an se-Kecamatan Gunung Tuleh itu merupakan Khatam Al-Qur’an ke-3, sebagai agenda tahunan inisiasi Camat Kecamatan Gunung Tuleh. Peserta Khatam Al-Qur’an berjumlah 379 orang, terdiri dari santriwan-santriwati yang berasal dari SD dan Madrasah Ibtidaiyah.

“Kegiatan kita ini merupakan agenda tahunan dari Camat Gunung Tuleh. Pertama kita laksanakan di Kampung Alang, kedua diselenggarakan di Paraman Ampalu dan Alhamdulillah yang ketiga kalinya ini kita selenggarakan di Masjid Raya Nagari Muara Kiawai,” jelas Ade Permana.

(wal)

Kami Hadir di Google News