PendidikanSumatera Barat

Pesantren Ramadan di Pasaman Barat Dimulai

113
×

Pesantren Ramadan di Pasaman Barat Dimulai

Sebarkan artikel ini
Pesantren Ramadan di Pasaman Barat
Pesantren Ramadan di Pasaman Barat. (f/kominfo)

Pasbar, Mjnews.id – Pembukaan Pesantren Ramadan Serentak kolaborasi SD/MI, SMP/MTS dan SMA/SMK/MA se-Sumatera Barat (Sumbar) resmi dibuka oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi secara daring dari Masjid Raya Sumbar di Padang, Senin (27/3/2023).

Dalam sambutannya Gubernur Sumbar, Mahyeldi menyampaikan kepada para guru dan insan pendidikan Sumatera Barat, bahwa sebuah kewajiban bagi para pendidik untuk menyiapkan generasi muda yang beriman, berilmu pengetahuan dan berkarakter.

“Para pelajar kita SD, SMP, dan SMA sekarang ini merupakan calon pemimpin masa depan 20 atau 30 tahun ke depan. Mereka inilah nanti yang menjadi pemimpin Sumatera Barat ini. Kalau generasi muda kita lemah, maka ke depan kita akan dipimpin oleh orang-orang lemah, dan kita tidak menginginkan hal demikian terjadi,” ungkap Mahyeldi.

Kegiatan pesantren ramadhan ini, lanjutnya merupakan bagian dari upaya pembentukan generasi muda Sumatera Barat yang beriman, berilmu dan berkarakter.

“Mari kita dukung bersama agar kegiatan ini berjalan sukses di seluruh sekolah di kabupaten/kota se-Sumbar,” ujarnya.

Sementara itu, di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), kegiatan pembukaan Pesantren Ramadan Kolaborasi dipusatkan di Masjid Agung Baitul Ilmi Simpang Empat Pasbar. Kegiatan diikuti oleh ribuan siswa, perwakilan SD 09 Pasaman, SMPN 1 Pasaman, SMAN 1 Pasaman, SMKN 1 Pasaman, MTsN 4 Pasaman dan MAN 5 Pasaman.

Selain siswa kegiatan pembukaan pesantren di Masjid Agung Pasbar itu, juga dihadiri Kakan Kemenag M. Nur, Kacabdin Pendidikan Provinsi Wilayah Pasaman dan Pasaman Barat Efri, Kabid SMP Disdik Riswan dan jajaran Disdik Pasbar, Korwil Kecamatan, Kepsek dan Guru sekolah yang mengikuti kegiatan pembukaan Pesantren Ramadhan 1444 H tersebut.

Pada kegiatan pembukaan pesantren ramadhan di Masjid Agung Baitul Ilmi, Bupati Pasaman Barat yang diwakili Kadis Pendidikan, Agusli meminta kepada sekolah agar bersama-sama menyukseskan pesantren ramadhan di Pasbar, terkhusus kepada guru diminta agar berperan aktif dalam membimbing siswa sehingga kurikulum pesantren ramadhan yang direncanakan dapat tercapai dengan baik.

“Kegiatan ini bertujuan agar siswa terbiasa datang ke masjid, terbiasa shalat berjamaah dan agar siswa mencintai masjid, maka pada Ramadhan 1444 H ini kegiatan pesantren sekolah dilaksanakan di masjid terdekat dari sekolah. Sementara itu untuk jadwal pelaksanaannya direncanakan dari dari tanggal 25 Maret sampai 17 April 2023,” jelas Agusli.

Sebelumnya, Kakan Kemenag dan Kacabdin Pendidikan Pasaman Barat dan Pasaman juga menghimbau agar semua pihak terkait turut menyukseskan ibadah Ramadan dengan memperbanyak ibadah, meningkatkan kualitas ibadah dan mendekatkan diri dengan Alquran.

(wal)

Kami Hadir di Google News