PendidikanSumatera Barat

Kwarcab Padang Panjang Diksar Pramuka Peduli di Silaiang Indah

70
×

Kwarcab Padang Panjang Diksar Pramuka Peduli di Silaiang Indah

Sebarkan artikel ini
Diksar Pramuka Peduli
Pelatihan dasar Pramuka Peduli Angkatan 1, Minggu (21/2/2021) di Puncak Silaiang Indah Padang Panjang.

MJNews.id – Sebanyak 14 anggota pramuka tingkat penegak mengikuti pendidikan dan pelatihan dasar (Diksar) Pramuka Peduli Angkatan 1, Minggu (21/2/2021) di Puncak Silaiang Indah, Kelurahan Silaing Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat.

Peserta terdiri dari penegak (siswa-siswi SLTA, MA dan Pesantren) se-Padang Panjang yang sebagian mereka sudah tergabung dalam Satgas Pramuka Peduli.

Ketua Kwartir Cabang Padang Panjang, Dr. Novi Hendri, SE, M.Si mengatakan, Diksar ini merupakan wahana pembelajaran bagi anggota muda dan anggota dewasa yang nantinya akan dapat membantu pemerintah dan masyarakat apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Diksar ini dilakukan guna pembentukan karakter anggota Pramuka yang mandiri dan berjiwa peduli terhadap sesama. Serta siap berpartisipasi dalam penanggulangan bencana,” katanya.

Para peserta Diksar, kata Novi lagi, akan dididik dan dilatih persiapan camping ground, survival di alam terbuka, dan memanfaatkan alam untuk menjadi ilmu bagi mereka.

“Termasuk juga beberapa kegiatan simulasi-simulasi penanggulangan bencana,” jelasnya.

Sebelumnya, para peserta berjalan kaki sepanjang kurang lebih 3,5 km dari Kantor Kwarcab hingga ke Puncak Silaiang Indah. Mereka membawa perbekalan sendiri.

Kegiatan ini juga diisi berbagai materi indoor dan outdoor yang dibawakan para pemateri dari Tagana, Palang Merah Indonesia (PMI) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang Panjang.

(pgl)

Kami Hadir di Google News