PendidikanSumatera Barat

Dibangun Alumni, Gubernur Resmikan Surau SMAN 1 Tilatang Kamang

89
×

Dibangun Alumni, Gubernur Resmikan Surau SMAN 1 Tilatang Kamang

Sebarkan artikel ini
Gubernur Resmikan Surau SMAN 1 Tilatang Kamang
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menandatangani prasasti pada peresmian pemakaian surau Darul ‘Ulum SMAN 1 Tilatang Kamang, Kabupaten Agam.

mjnews.id – Surau megah yang berdiri di komplek SMAN 1 Tilatang Kamang, Kabupaten Agam yang diberi nama “Darul ‘Ulum” dibangun atas swadaya alumni sekolah senilai Rp2,2 miliar diresmikan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, Rabu (23/12/2020).

Gubernur Irwan Prayitno mengatakan, berhasilnya pembangunan surau Darul ‘Ulum berkat kekompakan dari alumni lintas angkatan yang tersebar di seluruh Nusantara.

“Surau bukan saja sebagai tempat melaksanakan ibadah shalat dan lainnya, tapi surau harus difungsikan untuk berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan. Apalagi surau Darul ‘Ulum yang berdiri megah di kompleks SMAN 1 Tilatang Kamang ini tujuannya adalah untuk meningkatkan pendidikan karakter bagi siswa. Karena itu, kepada semua siswa saya mengajak untuk tetap belajar sungguh-sungguh, jangan mudah patah semangat,” katanya.

“Kepada keluarga besar SMAN 1 Tilatang Kamang saya sampaikan agar dapat memanfaatkan dan memelihara tempat ibadah ini dengan sebaik-baiknya agar tercapai tuujuan danniat baik dari alumni untuk membangun surau itu,”ungkap gubernur.

Sebelumnya, Kepala SMAN 1 Tilatang Kamang, Welya Zuwerni dalam sambutannya mengatakan, sampai saat ini sudah ada 37 angkatan alumni yang tergabung dalam wadah organisasi “Ikasmantika”.

“Peran serta alumni dalam membangun dan memajukan sekolah sudah sangat banyak, baik fisik maupun non fisik. Sebelumnya, tahun 2017 Ikasmantika juga sudah menyerahkan bantuan satu unit mobil sekolah senilai Rp400 juta yang sangat besar manfaatnya sebagai sarana transportasi kegiatan yang diikuti sekolah. Dibidang akademik pun Ikasmantika sudah melakukan berbagai gebrakan untuk menunjang peningkatan mutu pendidikan dan memfasilitasi siswa agar bisa masuk perguruan tinggi favorit, seperti menjalin kerjasama dengan penandatanganan MoU antara Iluni dengan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI) dalam rangka memberikan bimbingan belajar kepada siswa keas XII agar dapat diterima di perguruan tinggi,” sebutnya.

Ketua Alumni SMAN 1 Tilatang Kamang (Ikasmantika), Idris Sardi dalam laporannya memaparkan, pembangunan surau Darul ‘Ulum mulai peletakanbatu pertama sampai peresmian pemakaian menelan biaya sebesar Rp2,2 miliar yang merupakan sumbangan dari alumni lintas angkatan.

“Ikatan alumni akan terus berupaya memberikan perhatian kepada almamater dari berbagai aspek. Kami bisa memberikan sebuah surau untuk keluarga besar SMAN 1 Tilatang Kamang didasari kesungghan dan keikhlasan untuk meningktakan pengetahuan adik-adik siswa dibidang keagamaan dan pendidikan karakter. Hanya inlah baru yang dapat kami berikan untuk almamater kebanggaan. Mudah-mudahan dimasa selanjutnya dapat lagi memberikan perhatian kepada SMAN 1 Tilatang Kamang,”ungkap alumni Fakultas Teknik UI itu.

Peresmian pemakaian surau Darul ‘Ulum SMAN 1 Tilatang Kamang juga dihadiri anggota DPR RI, Ny. Nevi Irwan Prayitno, tokoh masyarakat Tilatang Kamang, H. Mahyeldi Ansharullah selaku gubernur terpilih Sumatera Barat, Bupati Agam diwakili Staf Ahli, H. Isman Imran, Bupati terpilih Agam, H. Andriwarman, Buya Gusrizal Gazahar, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, Kadisdikbud Agam, Kacabdin Agam, Bukittinggi dan Padangpanjang, Mardison, alumni Smantika dari berbagai angkatan, ninik mamak, tokoh masyarakat, Camat Tilatang Kamang beserta anggota Forkompinca, Walinagari serta undangan lainnya.

(irm)

Kami Hadir di Google News