PendidikanSumatera Barat

Perguruan Taman Siswa Padang Kini Berusia 98 Tahun

91
×

Perguruan Taman Siswa Padang Kini Berusia 98 Tahun

Sebarkan artikel ini
Perguruan Taman Siswa Padang Kini Berusia 98 Tahun
Pimpinan dan pengurus Perguruan Tamansiswa Padang bersama Kepala Dinas Kadis Pendidikan Sumbar Adib Alfikri bersama usai melaksanakan HUT Tamansiswa ke-98 mengikuti protokol kesehatan Covid-19. (ist)
mjnews.id – Keberadaan sekolah swasta selama ini diakui membantu pemerintah dalam memajukan pendidikan. Salah satunya sekolah-sekolah di bawah Perguruan Taman Siswa Padang.
“Peran masyarakat dibutuhkan dalam sektor pendidikan ini. Salah satunya dengan adanya sekolah swasta yang melengkapi kekurangan di sekolah negeri,” ujar Kadis Pendidikan Sumbar Adib Alfikri, saat menjadi pemimpin upacara HUT ke-98 Perguruan Tamansiswa, di lingkungan Perguruan Tamansiswa Padang, Jumat (3/7/2020).
Disebutkannya, memajukan pendidikan tak bisa sepenuhnya diserahkan pada pemerintah namun juga masyarakat sehingga hadir sekolah-sekolah swasta sebagai pelengkap.
Adib menyebutkan untuk di Sumbar khususnya di Padang Perguruan Tamansiswa telah menampakkan perannya. Di lingkungan Perguruan Tamansiswa Padang ini ada SMP, SMA dan SMK, serta perguruan tinggi. 
Adib menyampaikan peran swasta telah diakui dan diapresiasi pemerintah. Ini dibuktikan dengan berbagai bantuan sarana dan prasarana yang telah diberikan pada sekolah swasta. Bahkan baru-baru ini, Kemendikbud membuka peluang bagi sekolah swasta yang memiliki inovasi mendapatkan bantuan berupa anggaran.
“Jumlahnya tak sedikit. Bantuan ini bisa didapatkan sekolah swasta. Tentu syarat sekolah tersebut memang memiliki inovasi dan telah berperan dalam memajukan pendidikan,” katanya.
Adib menyebutkan untuk di Sumbar sendiri, pihaknya juga memberikan perhatian serius pada sekolah swasta. Terutama dalam meningkatkan mutu guru sekolah tersebut. Bahkan dirinya membuka diri untuk berdiam dengan pengelola sekolah swasta.
Di sisi lain, Adib mengingat kalau yayasan yang menaungi sekolah swasta untuk tak berorientasi pada mengejar uang atau mendapatkan anggaran saja. Namun mesti menjadikan sekolah ini untuk mencerdaskan anak bangsa.
Khusus untuk Perguruan Tamansiswa, Adib berharap agar peran dalam memajukan pendidikan terus dilakukan. “Terus tingkatkan mutu dan terus mendidik anak-anak Sumbar,” katanya.
Ketua BPPTTS Irwandi Yusuf menyampaikan kalau peran Perguruan Tamansiswa di Sumbar terus dipacu dalam memajukan pendidikan. Ini sesuai dengan tujuan dari pendiri Tamansiswa, Ki Hajar Dewantara. Di Sumbar sendiri, Tamansiswa juga telah melakukan berbagai upaya nyata.
Irwandi menyampaikan peran sekolah swasta termasuk di Tamansiswa tentunya perlu dukungan dari pemerintah. Katanya, jangan biarkan sekolah swasta ini bergerak sendiri. 
“Untuk bantuan sarana dan prasarana dibutuhkan oleh pihak sekolah. Peningkatan pengetahuan guru juga tak bisa terlepas dari pemerintah,” katanya.
Dengan begitu, perlu sinergi dengan pemerintah dalam memajukan pendidikan. Dia menyebutkan Tamansiswa dalam HUT ke-98 tentu telah memiliki banyak pengalaman. “Kami tentu berharap perhatian pemerintah lebih banyak lagi pada kita yang bergerak di sekolah swasta ini,” katanya.
Dalam upacara HUT Perguruan Tamansiswa siswa di Padang, juga dihadiri para alumni khususnya dari Perguruan Tamansiswa. Upacara dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19. (*/eds)

Kami Hadir di Google News