PendidikanSumatera Barat

Baznas Pasaman Salurkan Rp922,5 Juta untuk Pelajar SD atau MI dan SMP atau MTs

95
×

Baznas Pasaman Salurkan Rp922,5 Juta untuk Pelajar SD atau MI dan SMP atau MTs

Sebarkan artikel ini
foto bersama siswa penerima bantuan baznas pasaman
Ketua Baznas Pasaman, Habibullah beserta dua wakilnya, Asisten I, Kadis Sosial foto bersama siswa penerima bantuan. (Ist)

mjnews.id – Ribuan siswa menerima bantuan beasiswa dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasaman. Total bantuan yang disalurkan berjumlah Rp922,5 juta untuk 1.845 siswa SD dan SMP sederajat di Kabupaten Pasaman.

Menurut Ketua Baznas Kabupaten Pasaman, Habibullah, penyerahan bantuan beasiswa yang bersumber dari dana zakat tersebut merupakan bagian dari program Baznas setempat, yaitu Pasaman Cerdas.

Penerima bantuan ialah siswa SD atau MI dan SMP atau MTs. “Adapun nominal bantuan Rp500 ribu per orang. Jadi, total semua bantuan sebanyak Rp922,5 juta,” katanya usai menyerahkan bantuan secara simbolis kepada lima peserta didik SDN 05 Pauah, di Balerong Pusako Anak Nagari, Selasa (25/8/2020).

Dikatakan, bantuan beasiswa untuk 1.845 siswa ini menyasar 314 sekolah di kabupaten tersebut. Terdiri atas, 259 SD dan MI serta 55 SMP atau MTs. “Rinciannya, untuk SD atau MI sebanyak 1.295 orang siswa. Setiap sekolah terdiri atas lima orang penerima, total bantuan berjumlah Rp647,5 juta,” katanya.

Sementara, untuk tingkat SMP atau MTs, terdiri 550 siswa. Adapun banyaknya sekolah yang dibantu terdiri dari 55 sekolah. Dengan jumlah siswa penerima bantuan sebanyak 10 orang siswa per sekolah. Total bantuan untuk SMP/MTs Rp275 juta.

Selanjutnya, kata Habibullah, pihaknya akan menggandeng Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat untuk menyalurkan bantuan beasiswa itu ke sekolah-sekolah penerima secara langsung.

“Ini hak masyarakat (mustahik), dan kita launching tadi kepada 5 anak. Setelah ini akan kita antar langsung ke sekolah-sekolah bersama Disdikbud. Harapannya, dana ini terealisasi dan terdistribusi kepada yang berhak. Tentu, ini mohon dikawal oleh semua pihak, karena ini hak umat,” imbuhnya.

(amr)

Kami Hadir di Google News