PendidikanSumatera Barat

Tiga Prodi Universitas Andalas Raih Sertifikasi ABET

116
×

Tiga Prodi Universitas Andalas Raih Sertifikasi ABET

Sebarkan artikel ini
Insannul Kamil
Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Unand, Insannul Kamil

mjnews.id – Tiga program studi (prodi) di Fakultas Teknik Universitas Andalas (Unand) meraih sertifikasi internasional dari the Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET). 

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Unand, Insannul Kamil mengatakan, ABET merupakan badan akreditasi internasional yang berbasis di Amerika Serikat untuk program pendidikan tinggi di bidang ilmu pengetahuan alam, komputer, teknik, dan engineering technology. 

“Pemberitahuan terakreditasi tiga prodi ini disampaikan langsung melalui surat resmi Engineering Accreditation Commission (EAC) ABET kepada pimpinan Fakultas Teknik, Universitas Andalas,” katanya.

Adapun tiga prodi yang meraih sertifikasi internasional ini, yaitu prodi teknik industri, teknik mesin dan teknik lingkungan.

“Tiga program studi tersebut berhasil mengikuti torehan program studi serupa di universitas-universitas ternama di seluruh dunia. Di Indonesia, tidak banyak perguruan tinggi yang berhasil memperoleh pengakuan ABET hanya ITB, ITS, UGM, Binus, UII dan yang terbaru Unand,” katanya.

Ia juga mengatakan, dengan diumumkannya pengakuan ini secara resmi oleh ABET, Unand akan segera mengirimkan surat surat kepada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) di Jakarta supaya menerbitkan peringkat akreditasi Unggul untuk tiga program studi tersebut.

Menurutnya, bagi lulusan tiga program studi tersebut, pengakuan ini pun akan membuka kesempatan luas untuk bersaing di kancah internasional dan jadi daya tarik bagi calon mahasiswa terbaik di Indonesia dan luar negeri untuk menimba ilmu di Fakultas Teknik Unand.

Insannul menceritakan upaya untuk mendapatkan pengakuan akreditasi ABET dimulai sejak 2016 dengan mempelajari delapan kriteria akreditasi ABET. Mulai dari kriteria mahasiswa, kurikulum, program perbaikan berkelanjutan, sam pai dukungan universitas.

“Sejak itu perubahan besar dan mendasar mulai dilakukan oleh program studi tersebut sehingga proses pendidikan yang berlangsung dilakukan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan ABET,” kata Insannul yang juga pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik Unand ini.

Setelah melakukan persiapan selama tiga tahun, pada awal 2019, Rektor Unand mengajukan permohonan kepada ABET untuk mengevaluasi Program Studi Sarjana (S1) Teknik Industri, Teknik Lingkungan dan Teknik Mesin.

Pada tahun yang sama, tiga program studi tersebut berhasil menyerahkan laporan pemenuhan kriteria akreditasi ABET yang sudah dilakukan sejak 2016. Pada akhir 2019, ABET mengevaluasi tiga program studi tersebut dengan mendatangkan empat orang evaluator dari Amerika Serikat ke Unand.

(why)

Kami Hadir di Google News