PendidikanSumatera Barat

UNP Kembali Gelar Wisuda Secara Virtual, 1.763 Mahasiswa Dilepas

74
×

UNP Kembali Gelar Wisuda Secara Virtual, 1.763 Mahasiswa Dilepas

Sebarkan artikel ini
Ganefri ambil sumpah konselor
Rektor UNP, Prof Ganefri, PhD., saat mengambil sumpah konselor yang dilantik dan diwisuda secara virtual pada wisuda periode 120 kampus itu. (Ist)

mjnews.id – Universitas Negeri Padang (UNP) kembali menggelar wisuda secara virtual. Prosesi wisuda ke-120 ini dilaksanakan selama dua hari, Jumat dan Sabtu (25-26/9).

Ada 1.763 orang yang diwisuda dan terdiri atas 231 orang lulusan Diploma 3, 913 orang S1 dan D4 Kependidikan, 341 orang S1 dan D4 Non Kependidikan, 27 konselor, 234 magister,dan 17 doktor.

Rektor UNP, Prof Ganefri, PhD., menyebutkan, prosesi wisuda secara virtual kembali dilakukan setelah sebelumnya pernah dilakukan pada periode 119. Hal ini karena situasi dan suasana di Padang yang akibat Pandemi tidak memungkinkan untuk pelaksanaan wisuda secara tatap muka. 

“Kesehatan dan keselamatan menjadi prioritas utama bagi kita,” katanya.

Makanya, rektor memohon maaf atas situasi ini. Dia sendiri memahami betapa bergejolaknya hati para lulusan dan orang tua mereka dengan prosesi wisuda yang hanya dapat dilakukan secara virtual. 

“Kita lihat tadi wajah-wajah mereka ada yang bahagia, tapi juga sedih. Dari itu, kami gelar wisuda dua hari, sehingga mereka semua bisa ditampilkan di layar monitor wisuda,” jelas rektor.

Terlepas dari itu, UNP menurutnya telah melakukan transformasi dengan sejumlah inovasi pada pembelajaran berbasis digital, proses interaksi pembelajaran daring, pembelajaran virtual yang juga menghadirkan berbagai video materi perkuliahan yang dibuat para dosen, sehingga menghadirkan kebaruan dalam pembelajaran daring yang dilakukan. 

“Proses pembelajaran virtual yang dilakukan kini tidak sekadar menjadi pusat literasi, tapi juga menjadi platform yang bisa mengakomodir sistem pembelajaran berbasis teknologi informasi yang tumbuh dan berkembang saat ini,” kata rektor.

Tak cuma pada pembelajaran, inovasi juga berhasil diciptakan untuk 10 jenis pelayanan yang ada di kampus yang dipimpinnya itu.

Wisuda virtual periode 120 kemarin menghadirkan Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziah yang membahas pentingnya penguasaan teknologi di era revolusi industri 4.0 ini, apalagi ditengah pandemi Covid-19. Dia berpesan agar para lulusan UNP mampu menguasai teknologi secara baik, sehingga tidak tertinggal dalam berbagai persaingan. 

Hal senada juga disampaikan Gubernur Sumbar, H. Irwan Prayitno yang juga memberikan sambutan dalam wisuda tersebut. Dia bahkan mengapresiasi kiprah UNP yang telah melakukan banyak hal khususnya sektor pendidikan di Sumbar. 

Wisuda virtual berlangsung aman dan tertib dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pada seluruh guru besar dan panitia wisuda yang hadir di ruangan pertemuan lantai 4 Hotel UNP. 

(*/eds)

Kami Hadir di Google News