PendidikanSumatera Barat

Prodi S2 Fisika Fakultas MIPA Unand Raih Akreditasi A

92
×

Prodi S2 Fisika Fakultas MIPA Unand Raih Akreditasi A

Sebarkan artikel ini
fmipa unand
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Universitas Andalas.

mjnews.id – Program Studi (Prodi) S2 Fisika Fakultas MIPA Universitas Andalas (Unand) meraih akreditasi A berdasarkan penetapan di Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Hal itu disampaikan Ketua Prodi S2 Fisika Unand, Dian Fitryani, Kamis (8/10/2020).

“Hasil penilaian akreditasi ini ditetapkan pada 6 Oktober. Prodi S2 Fisika mendapatkan peringkat A dengan nilai 367,” katanya.

Dengan hasil ini, prodi tersebut berhak menyandang akreditasi hingga lima tahun kedepan. Pencapaian ini juga menjadikan Prodi S2 Fisika Unand sebagai satu-satunya Prodi S2 Fisika yang terakreditasi A di luar pulau Jawa.

Ia juga mengatakan, ada tiga komponen yang dinilai dalam akreditasi ini, yaitu borang akreditasi prodi (buku 3A), borang akreditasi fakultas (buku 3B), dan evaluasi diri prodi. 

Dari ketiga komponen tersebut, bobot tertinggi adalah penilaian pada borang akreditasi prodi yaitu sebesar 75 persen, sedangkan 25 persen lainnya dari penilaian borang akreditasi fakultas dan evaluasi diri prodi, jelasnya.

Sementara itu, Marzuki selaku ketua tim penyusun borang akreditasi ini mengatakan, adapun beberapa prestasi dari mahasiswa, dosen, maupun alumni Prodi S2 Fisika Unand turut menjadi kriteria penilaian akreditasi. Seperti, keberhasilan mendapatkan hibah riset kolaborasi internasional, publikasi di jurnal internasional bereputasi, hingga delegasi pada lembaga internasional.

‘Selain pendanaan oleh Kemenristekdikti atau Kemendikbud, riset dosen Prodi S2 Fisika juga didanai oleh JSPS grants (Kakenhi) Jepang dan lembaga internasional lainnya,” sebutnya.

Sementara untuk mahasiswanya, ada sejumlah prestasi juga yang ditorehkan, seperti beasiswa untuk mengikuti international school, student exchange, publikasi pada jurnal international bereputasi, dan partisipasi pada berbagai seminar internasional. 

“Deretan prestasi ini menjadikan Prodi S2 Fisika Unand layak mendapatkan peringkat akreditasi A,” pungkasnya.

(why)

Kami Hadir di Google News