PendidikanSumatera Barat

Prodi S3 PTK FT UNP Gelar Workshop Penulisan Artikel

70
×

Prodi S3 PTK FT UNP Gelar Workshop Penulisan Artikel

Sebarkan artikel ini
Prodi S3 PTK FT UNP Gelar Workshop Penulisan Artikel

mjnews.id – Program Studi (Prodi) S3 Pendidikan dan Teknologi dan Kejuruan (PTK) Fakultas Teknik (FT) UNP menyelengarakan Workshop Penulisan Artikel untuk Jurnal International Bereputasi yang dilakukan secara online melalui zoom dan youtube, Sabtu (17/10/2020).

Acara diikuti 350 peserta dari berbagai institusi di Indonesia, mahasiswa S2 dan S3 PTK FT UNP, mulai dari Angkatan 2012-2020.

Workshop menghadirkan tiga narasumber nasional dan internasional yakni dari Internal Universitas Negeri Padang (UNP) yakni Krismadinata, yang merupakan kepala publikasi dan intelektual LP2MP UNP, sebagai reviewer di jurnal internasional Q1 dan Q2 serta aktif dalam menulis jurnal internasional yang memiliki Scopus H-Indeks 8.

Berikutnya, Rahmat Hidayat, dari Politeknik Negeri Padang, Pengelola jurnal terindeks scopus, reviewer nasional dan international dengan H-indeks Scopus 9.

Terakhir, Dr. Arman Shah bin Abdullah dari Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia, yang merupakan konsultan, pengelolah dan reviewer jurnal internasional yang telah berpengalaman, dan memiliki publikasi dan H-indeks scopus 6.

Pada kegiatan ini mahasiswa diberikan kiat-kiat dalam menulis artikel yang berkualitas, sehingga bisa diterima atau diterbitkan dalam jurnal internasional bereputasi, dan melakukan bedah artikel secara langsung untuk memperoleh artikel yang berkualitas serta mampu memberikan arahan untuk pada sebuah artikel.

Kegiatan Workshop Penulisan Artikel Untuk Jurnal International Bereputasi didukung oleh Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D. Kegiatan dibuka Wakil Rektor I UNP, Dr. Refnaldi, M.Lit. 

“kegiatan ini untuk meningkatkan wawasan dan dan keterampilan peserta workshop, dalam menulis atau menghasilkan artikel ilmiah untuk di publish di jurnal internasional bereputasi,” kata Dekan FT, Dr. Fahmi Riza.

Sementara Ketua Program Studi S3 PTK FT UNP, Prof. Dr. Ambiyar, mengatakan kegiatan tersebut sebagai upaya meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah, untuk mempersiapkan diri dalam menulis artikel sebagai salah satu syarat kelulusan mahasiswa. 

Sampai saat ini Prodi S3 PTK FT UNP telah menghasilkan 70 Doktor dari tahun 2012-2020. Lulusan S3 PTK ini telah berkiprah di berbagai universitas dan sekolah tinggi, serta menduduki berbagai jabatan antara lain Rektor, Wakil Rektor, Direktur, dan Sedang proses Guru Besar, dan lainnya.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan sebagai proses edukasi untuk memunculkan budaya menulis artikel bagi mahasiswa dan dosen di jurnal international, agar produktifitas publikasinya akan semakin banyak, yang tidak hanya dari segi kuantitas, tapi juga dari sisi kualitasnya. 

“Diharapkan dari tulisan-tulisan yang dibuat menjadi kebiasaan menulis artikel,” ujar Dosen Senior Pascasarjana FT UNP, Prof. Dr. Nizwardi Jalinus.

Pada workshop tersebut mahasiswa juga dibimbing oleh 11 Dosen Mentor yang berpengalaman dalam menulis artikel, dimana peranannya membedah artikel dengan memberikan arahan dan mengomentari untuk perbaikan dalam menulis artikel, dalam hal ini mahasiswa juga dapat saling berdiskusi, hingga tujuan akhirnya mahasiswa dapat menulis jurnal dengan baik hingga dapat mengsubmit tulisannya ke jurnal internasional bereputasi.

Tanggapan peserta pada kegiatan tersebut secara umum sangat antusias, terlihat dengan banyaknya minat peserta yang ingin mendaftar, namun kuota peserta terbatas, serta terlihat juga banyaknya peserta mengajukan pertanyaan. Di samping itu peserta juga antusias saat berinteraksi. Mereka berharap kegiatan ini dapat diadakan secara berkelanjutan setiap tahunnya.

(eds)

Kami Hadir di Google News