Pendidikan

Tim Pengabdian Masyarakat Jurusan Biologi Unand Berikan Edukasi Kesehatan di Pasir Jambak

119
×

Tim Pengabdian Masyarakat Jurusan Biologi Unand Berikan Edukasi Kesehatan di Pasir Jambak

Sebarkan artikel ini
Tim Pengabdian Masyarakat Jurusan Biologi Unand Berikan Edukasi Kesehatan
Tim pengabdian masyarakar jurusan Biologi FMIPA Unand memberikan edukasi pada anak-anak binaan Rumah Anak Shaleh (RAS) Pasir Jambak, Padang. (ist)

mjnews.id – Dengan wajah sumringah dan hati senang, anak-anak binaan Rumah Anak Shaleh (RAS) di tepi pantai Pasir Jambak, Padang, dikunjungi tim pengabdian masyarakat, Jurusan Bilogi, FMIPA Unand Padang, Minggu (22/11/2020).

Dalam kegiatan itu, tim pengabdian masyarakat yang diketuai Dr. Resti Rahayu mengajarkan anak-anak memanfatkan koran bekas untuk keterampilan bernilai ekonomi. Selain itu juga pengenalan kesehatan di masa pandemi Covid-19 pada anak-anak.

“Anak-anak kita ajarkan cara mencuci tangan yang benar, memasang masker, jaga jarak dan tetap berzikir dan bersalawat,” ujar Resti Rahayu.

Ibu Ayu, panggilan akrab Resti Rahayu berharap kegiatan ini mampu menambah keterampilan anak-anak dalam memanfaatkan barang bekas dan lebih menjaga diri dan kesehatan di masa Pandemi ini.

Dikatakan, memanfaatkan bahan bekas ini bertujuan juga untuk mengurangi sampah plastik dan menyelamatkan bumi.

Tim disambut oleh Bunda Fristina Yeni, koordinator lapangan RAS Pasir Jambak dan juga merupakan perwakilan dari Yayasan Anak Shaleh 85.

Bunda Yeni menyampaikan kegiatan ini sangat mendukung pengembangan karakter dari anak-anak yang dibina oleh Rumah Anak Shaleh.

Rizol Arjismi sebagai kakak pendamping di RAS mengungkapkan mereka telah melakukan pendampingan dan pengembangan karakter anak-anak selama 8 tahun di Pasir Jambak. Dukungan moril dan materil semua pihak sangat diharapkan untuk pengembangan karakter berkelanjutan anak-anak di sepanjang pesisir pantai kota Padang.

Kegiatan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak.

Tim pengabdian masyarakat Jurusan Biologi juga memberikan bantuan buku-buku untuk penunjang pengembangan karakter anak-anak dan peralatan kesehatan berupa masker, faceshield, peralatan cuci tangan.

Dikatakan, kegiatan bekerjasama dengan Warung Ikhlas Dunsanak yang sudah sangat familiar di kalangan anak-anak RAS dan masyarakat sekitar kampung nelayan Pasir Jambak.

Selain itu juga didukung Ibu Epi dari bank sampah, Kuranji yang juga melibatkan mahasiswa S1 dan S2 jurusan Biologi.

Jurusan Biologi FMIPA Unand juga mengapresiasi program yang dilakukan oleh Yayasan Anak Shaleh 85 yang bisa menarik universitas salah satunya Jurusan Biologi melakukan pengabdian masyarakat di sana.

(rel)

Kami Hadir di Google News