Pendidikan

DPK Adakan Sosialisasi Kebijakan Kepala SD Tentang Perpustakaan SD se-Kota Padang

84
×

DPK Adakan Sosialisasi Kebijakan Kepala SD Tentang Perpustakaan SD se-Kota Padang

Sebarkan artikel ini
sosialisasi kebijakan kepala SD tentang Perpustakaan SD se Kota Padang
Sosialisasi Kebijakan Kepala SD Tentang Perpustakaan SD se-Kota Padang.

mjnews.id – Perpustakaan memegang peranan penting dalam menyukseskan program wajib belajar, sesuai yang dicanangkan pemerintah. Oleh karena itu, kebijakan pengelolaan Perpustakaan yang baik dan benar sehingga sesuai standar, harus didukung penuh.

Menurut Plt. Walikota Padang, Hendri Septa, kebijakan yang ada hendaknya bisa mendukung program literasi sekolah. Perpustakaan sekolah sebagai salah satu sarana media dalam dunia pendidikan, memegang peranan yang sangat penting dalam memacu tercapainya tujuan pendidikan pada sekolah.

“Sebab salah satu fungsi utama dan tujuan keberadaan Perpustakaan sekolah adalah untuk menunjang proses belajar mengajar pada sekolah itu sendiri,” katanya kepada para hadirin, saat membuka acara sosialisasi kebijakan kepala SD tentang Perpustakaan SD se-Kota Padang, di Hotel Kryad Bumiminang, Selasa (24/11/2020).

Ia mengatakan, Perpustakaan memegang peranan penting dab strategis dalam mendukung kesuksesan program pendidikan, karena untuk membangun suatu masyarakat yang berpendidikan, perlu melibatkan seluruh elemen masyarakat.

“Komponen yang dapat mendukung ke arah peningkatan kualitas pendidikan, tersedianya sarana dan prasarana yang memadai, seperti Perpustakaan,” ungkapnya.

Perpustakaan berfungsi untuk mengumpulkan, melestarikan, mengolah, dan mendayagunakan bahan-bahan Pustaka, sebagai sarana informasi bagi dunia pendidikan, ilmu pengetahuan teknologi, penelitian, pengembangan kebudayaan, serta usaha-usaha pembangunan.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Padang, Azwin, mengatakan acara ini untuk menambah dan meningkatkan pengetahuan kepala sekolah, dalam mengembangkan kualitas siswa SD se-Kota Padang.

“Tujuannya, agar kepala sekolah dapat memahami tentang implementasi manajemen pengelolaan Perpustakaan SD, sesuai standar dan penerapan aplikasi otomasi di Perpustakaan SD,” katanya.

Selain itu, untuk terwujudnya Perpustakaan sekolah di tingkat SD se-Kota Padang yang memiliki kemampuan, keterampilan, dan wawasan Perpustakaan.

“Meningkatkan akuntabilitas kinerja dan pelayanan Perpustakaan pada SD se-Kota Padang,” tambah Azwin, yang juga didampingi Evilidiyanti.

Kegiatan sosialisasi dibagi tiga angkatan, berlangsung dari 24-26 November 2020. Angkatan I dimulai 24 November, disusul angkatan II 25 November, dan angkatan III pada 26 November. Acara diikuti 405 peserta dari unsur kepala SD se-Kota Padang.

(eds)

Kami Hadir di Google News