Pendidikan

Wakil Kepsek Miliki Potensi Besar Majukan Sekolah dan Pendidikan

86
×

Wakil Kepsek Miliki Potensi Besar Majukan Sekolah dan Pendidikan

Sebarkan artikel ini
pembekalan kepada Wakil Kepala Sekolah Negeri se Kota Padang
Pengurus MKKS Padang, Arman memberikan pembekalan kepada Wakil Kepala Sekolah Negeri se-Kota Padang di salah satu hotel di Padang. (ist)

mjnews.id – Wakil kepala sekolah menjadi tangan kanan kepala sekolah, sehingga keberadaan mereka menjadi sangat penting untuk kemajuan pendidikan.

Hal itu terungkap dalam kegiatan workshop peningkatan kompetensi wakil kepala sekolah SMP Negeri se-Kota Padang di salah satu hotel di Padang, Jumat (27/11/2020).

Workshop dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Habibul Fuadi didampingi Kabid Pendidikan Dasar, Syafrizal.

Kegiatan itu dilaksanakan oleh Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kota Padang di bawah naungan Dinas Pendidikan Padang.

Habibul Fuadi mengatakan, wakil kepala sekolah memiliki potensi cukup besar membantu kepala sekolah. Namun, potensi yang besar tersebut belum maksimal dimanfaatkan.

Ditambahkan Syafrizal menjelaskan, sebenarnya bila telah menjabat wakil kepala sekolah tinggal selangkah lagi menjadi kepala sekolah. Tinggal lagi mengasah dan meningkatkan kemanpuan diri.

Oleh sebab itu, sebelum mereka menjadi kepala sekolah sudah disiapkan sedini mungkin dan perlu pembekalan. Bila kesempatan itu ada, para wakil kepala sekolah ini betul-betul telah siap menjadi kepala sekolah.

“Wakil kepala sekolah sangat berperan untuk kemajuan sekolah dengan membantu kepala sekolah sebagai manajer di sekolah tersebut,”ujar Syafrizal.

Pada tempat yang sama, pengurus MKKS Kota Padang, Arman mengatakan, workshop atau bimtek untuk kepala sekolah sudah sering dilakukan. Namun, untuk workshop khusus wakil kepala sekolah memang belum pernah maka kegiatan ini digelar.

Dijelaskan Arman, wakil kepala sekolah ini memang tangan kanan dari kepala sekolah dalam membantu tugas-tugas di sekolah untuk urusan internal.

Bahkan, wakil kepala sekolah bisa membuat hubungan harmonis antara guru, siswa dan kepala sekolah.

Menurut Arman, besarnya peranan dari wakil kepala sekolah tersebut maka sangat menentukan kemajuan sekolah dan pendidikan.

Ditambahkan Arman, pada workshop tersebut dihadiri seluruh wakil kepala sekolah SMP Negeri se-Kota Padang. Setiap sekolah mengirimkan 3 orang wakil kepala sekolahnya pada workshop tersebut. Banyak pembekalan diberikan kepada wakil kepala sekolah untuk menjadi sosok hebat membantu kepala sekolah memajukan pendidikan di lingkungannya.

(eds)

Kami Hadir di Google News