Pendidikan

Universitas Terbuka Padang Serahkan Ijazah 500 Tamatan Secara Daring

99
×

Universitas Terbuka Padang Serahkan Ijazah 500 Tamatan Secara Daring

Sebarkan artikel ini
Karnedi MA melambaikan tangan
Kepala UPBJJ UT Kota Padang, Prof. Dr. Karnedi MA melambaikan tangan seusai upacara penyerahan ijazah periode I tahun 2021 secara daring dan luring di aula kantor tersebut, Minggu (21/2/2021). (ist)

MJNews.id – Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Padang melaksanakan upacara penyerahan ijazah periode I tahun 2021 secara daring dan luring, Minggu (21/2/2021).

Untuk daring dilakukan melalui aplikasi Zoom serentak seluruh kabupaten/kota se-Sumbar. Sementara secara luring dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Ada 500 ijazah tamatan yang diserahkan dari 4 fakultas dan 1 pasca sarjana. Saat penyerahan ijazah tersebut juga diumumkan salah seorang lulusan terbaik.

Keempat fakultas tersebut, Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) serta Program Magister (S2).

Kepala UPBJJ UT Padang, Prof.Dr. Karnedi MA menyebutkan, UT masih banyak diminati mahasiswa. Selain biaya kuliahnya murah, perguruan tinggi negeri tersebut memiliki kualitas yang tidak kalah bermutunya dari perguruan tinggi negeri terkemuka lainnya.

Menurutnya UPBJJ-UT sudah lama menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka. Istilah jarak jauh berarti pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak (modul) dan webinar atau daring.

Mahasiswa UT tidak ada pembatasan usia, yang penting setiap sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA atau yang sederajat). 

“Selain biaya sangat murah, mahasiswa pun tidak diwajibkan datang ke kampus seperti perguruan tinggi lainnya. Ini salah satu keunggulan UT dibanding perguruan tinggi lainnya,” tambah dia.

Menurutnya, UT adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menyelenggarakan pendidikan melalui sistem terbuka dan jarak jauh. Setiap orang dapat menjadi mahasiswa tanpa ada batasan baik tahun kelulusan ijazah SLTA, usia, lama studi maupun tempat tinggal.

Mahasiswa dapat belalar menyediakan layanan yang disebut tutorial, baik melalui pertemuan berkala secara tatap muka, atau online. “Mahasiswa dapat mengakses bahan ajar digital melalui website atau perangkat android. Pengayaan wawasan dilakukan melalui penyediaan perpustakaan dan berbagai bahan digital lainnya,” tambah dia.

UT Padang ini, memiliki beberapa Fakultas. Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) serta Program Magister (S2).

(fs/eds)

Kami Hadir di Google News