Pendidikan

AWR Bertekad Kembangkan Tiga Sektor Pendidikan Ini di Agam

83
×

AWR Bertekad Kembangkan Tiga Sektor Pendidikan Ini di Agam

Sebarkan artikel ini
awr
Bupati Agam, Dr. Andri Warman (AWR).


MJNews.id
– Pengembangan pendidikan menjadi salah satu target utama bagi Bupati Agam, Dr. Andri Warman dalam memimpin Kabupaten Agam.

Bersama Irwan Fikri selaku Wakil Bupati Agam, Andri Warman bertekad mengembangkan tiga sektor pendidikan untuk masyarakat Agam dalam mewujudkan generasi yang berkualitas ke depannya.

Terkait hal itu, bupati yang akrab disapa AWR ini sedikit menceritakan pengalamannya dalam menempuh pendidikan, mulai tingkat TK hingga ia meraih gelar doktor seperti sekarang ini.

“Sejak TK sampai SMA ia menjalani pendidikan di sekolah negeri, sedangkan perguruan tinggi menempuh pendidikan di swasta,” kata Andri Warman.

Ia masih merasakan kekurangan di dunia pendidikan terutama bidang Agama, karena dari awal mengenyam pendidikan ia tidak bersekolah di madrasah.Tapi kurangnya bidang Agama secara pendidikan bisa diisi dengan kursus atau ekstrakurikuler. Program pemerintah pusat tidak dilanggar, tapi di Agam dapat menambah tiga kurikulum yang akan menunjang pendidikan generasi ke depan.

Tiga sektor pendidikan itu seperti pendidikan bidang Agama, bidang adat istiadat, dan bahasa internasional yakni bahasa inggris.

Di bidang Agama, kata AWR, bagi anak yang berbakat diarahkan masuk rumah tahfizh, karena ia melihat potensi itu ada di Agam yang dilihat dari semangat generasi. “Karena dilihat anak-anak kita baru tamat SD dan SMP, sudah banyak yang hafal Al-Qur’an 30 juz, sehingga ini perlu lebih dikembangkan,” katanya.

Sedangkan bidang adat istiadat, diyakininya banyak generasi saat ini yang tidak mendalami adat istiadat di Minangkabau, diantaranya masalah petatah petitih. Meski ada, menurutnya masih di bawah standar.

“Sehingga ini menjadi target kita untuk membekali generasi dengan pengetahuan adat istiadat, supaya budaya Minangkabau ini tetap lestari di tengah masyarakat,” tutur AWR.

Sementara itu, bidang bahasa internasional menjadi target pengembangan karena menurutnya banyak masyarakat Agam yang berkeinginan jadi dokter, insinyur dan lainnya, sehingga perlu didukung dengan pembekalan bahasa Inggris.

Jika di Lawang ada Kampung Inggris, maka ke depan diharapkannya Kampung Inggris itu ada di setiap kecamatan atau nagari, serta dekat dengan sekolah yang ada.

AWR juga merencanakan tahun ini program beasiswa dari Pemkab Agam untuk anak yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Program ini dengan syarat anak yang diberikan beasiswa berasal dari keluarga kurang mampu, berprestasi dan anak yatim atau piatu.

“Sekitar 50-100 orang kita kuliahkan di perguruan tinggi ternama, saya yakin dengan syarat itu mereka akan mendapatkan program bidik misi,”katanya.

(edy)

Kami Hadir di Google News