Pendidikan

Gedung BLK Komunitas Ponpes Waratsatul Anbiya Solok Diresmikan

86
×

Gedung BLK Komunitas Ponpes Waratsatul Anbiya Solok Diresmikan

Sebarkan artikel ini
Gedung BLK Komunitas Ponpes Waratsatul Anbiya Solok Diresmikan
Wawako Solok, Ramadhani Kirana Putra menandatangani prasasti gedung workshop BLK KPWA. (ist)

MJNews.id – Kota Beras Serambi Madinah jargon Kota Solok semakin mengeliat. Apalagi dalam pekan ini, Wakil Walikota Solok Ramadhani Kirana Putra mendapat kehormatan menandatangani prasasti gedung workshop Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Pondok Pesantren (Ponpes) Waratsatul Anbiya’, Ampang Kualo, Kelurahan Kampung Jawa, Kota Solok.

Pada peresmian gedung BLK beserta sarana/prasarananya itu juga ditandai pengguntingan pita oleh Anggota Komisi IX DPR RI Darul Siska yang didampingi, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Hardinalis Kobal, Pimpinan Pondok Pesantren Waratsatul Anbiya’ Tengku Dalmarison, Pembina Ponpes Waratsatul Anbiya’ dr Helwi N, perwakilan Forkopimda Kota Solok, Kemenag Kota Solok, Kepala BLK Padang, Kepala BUMN, BUMD serta undangan lainnya.

Darul Siska dalam sambutannya menilai Ponpes Waratsatul Anbiya’ saat ini telah berkembang cukup pesat meskipun masih berusia cukup muda. Disini, para murid diberikan pendidikan ilmu umum, agama dan beladiri.

“Jika BLK yang diresmikan ini berfungsi dengan baik, komplit sudah lulusan Waratsatul Anbiya’ siap terjun ke masyarakat,” ucap Darul Siska.

Dikatakannya, pemerintah melalui Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi saat ini sedang gencar membangun BLK Komunitas sebanyak-banyaknya.

“BLK Komunitas disiapkan untuk anak didik generasi penerus yang berkompeten dan berpotensi untuk terjun ke masyarakat,” ucapnya.

Di saat situasi pandemi Covid-19. Banyak pengangguran karena di PHK, besar harapan dengan banyaknya BLK Komunitas akan dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

Anggota DPR-RI itu juga mengajak seluruh masyarakat yang rentan terpapar untuk mau divaksin Covid-19.

“Kita harus mau divaksin untuk meningkatkan Herd Immunity guna menghentikan peredaran Covid-19. Masyarakat jangan ragu divaksin, guna kedepan mimpi kita mewujudkan Indonesia Sehat, Indonesia Maju akan bisa tercapai,” harapnya.

Sebelumnya, Wakil Walikota Solok mengatakan, BLK Komunitas adalah suatu unit atau fasilitas pelatihan vokasi yang didirikan di lembaga keagamaan seperti pondok pesantren, seminari, dhammasekha, pasraman, dan komunitas lainnya. 

BLK komunitas ini, berfungsi menyelenggarakan pelatihan kompetensi/keahlian, guna memberikan keterampilan kerja kepada siswa dan komunitas masyarakat di sekitar lembaga, sesuai dengan kebutuhan dunia kerja atau mendorong berwirausaha.

Terobosan ini, bertujuan melengkapi soft skill dan pendidikan karakter di lembaga pendidikan keagamaan dengan tambahan keterampilan atau hard skill.

Pendirian BLK Komunitas adalah upaya meningkatkan sebaran lembaga pelatihan kerja, serta mendekatkan akses pelatihan kepada masyarakat atau komunitas. Balai Latihan Kerja dapat menjadi langkah efektif dalam mengatasi permasalahan pengangguran dan meningkatkan kompetensi tenaga kerja di daerah.

Dinilainya, hadirnya BLK Komunitas, maka santri dan siswa lembaga pendidikan keagamaan serta masyarakat di sekitarnya, mendapatkan akses pelatihan kerja yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja lokal.

(yas)

Kami Hadir di Google News