Pendidikan

Universitas Tamansiswa Padang Jadi Perguruan Tinggi Kewirausahaan

251
×

Universitas Tamansiswa Padang Jadi Perguruan Tinggi Kewirausahaan

Sebarkan artikel ini
universitas taman siswa pad

MJNews.id – Universitas Tamansiswa (Unitas) Padang saat ini menjelma menjadi perguruan tinggi mencetak para entrepreneur atau wirausahawan muda yang bersaing di pasar global.

Hal itu ditegaskan Rektor Unitas Padang, Ki. Sepris Yonaldi kepada wartawan di kantornya baru-baru ini. Disebutkannya, Unitas mencetak para entrepreneur muda bukan tak beralasan karena perguruan tinggi ini memiliki program studi yang khusus di bidang itu sejak tiga tahun belakangan. 

Tak heran Unitas Padang disebut kampus kewirausahaan yang menjawab tantangan saat ini. Disebutkan rektor, Unitas Padang memiliki program studi manajemen ritel sebagai program studi yang pertama di Indonesia. 

Tujuannya, bagaimana mengasilkan para sarjana atau pakar di bidang ritel seperti Lazada, Toko Pedia, Buka Lapak dan bisnis lainnya berupa e-comerce. Itu sesuai dengan perkembangan zaman saat ini dalam bisnis digitalisasi.

Selanjutnya, Unitas Padang juga membuka program studi kewirausahaan yang merupakan program studi ke-12 di Indonesia. Sedangkan di wilayah Sumatera hanya ada 2 program studi ini yang salah satunya berada di Unitas Padang.

“Hadirnya program studi ritel dan kewirausahaan ini menjawab kebutuhan pasar dan program pemerintah. Tamat dari perguruan tinggi jangan mencari pekerjaan tetapi bagaimana menciptakan lapangan pekerjaan tersebut,” ujarnya.

Program studi baru tersebut mengajarkan bagaimana mahasiswa untuk berwirausaha. Lalu, Unitas juga memiliki program studi aktuaria yang menjadi satu-satunya perguruan tinggi di luar pulau jawa memiliki program studi ini.

Program studi aktuaria menggabungkan ilmu statistik, matematika, bisnis dan akutansi yang para lulusannya nanti mampu menjadi pakar analis risiko investasi.

Lalu, program studi geografi dimiliki Unitas Padang yang hanya dimiliki 2 perguruan tinggi di Sumatera. Program studi geografi di Unitas spesifiknya pada pemetaan kebencanaan berbasis teknologi.

Dikatakan Rektor, tahun depan Unitas akan membuka Fakultas Science sebagai fakultas baru. Menurut rektor, Unitas Padang sebelumnya sudah memiliki pasca sarjana Agroteknologi dan pada tahun ini jika tak ada aral melintang bakal ditambah dengan pasca sarjana hukum.

Dengan demikian, Unitas Padang semakin siap menghadapi tantangan perkembangan zaman. Di samping itu, Unitas Padang memiliki Fakultas Hukum, Pertanian dan lainnya. Mulai awal April, Unitas Padang sudah mulai membuka pendaftaran baru baik secara online maupun langsung.

(swl/eds)

Kami Hadir di Google News