Pendidikan

Poltek KP Pariaman Siapkan Generasi Maritim dengan Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru TA 2021/2022

70
×

Poltek KP Pariaman Siapkan Generasi Maritim dengan Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru TA 2021/2022

Sebarkan artikel ini
Harisjon bersama Armyanto saat melakukan koordinasi kerja sama
Harisjon bersama Armyanto saat melakukan koordinasi kerja sama dengan Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur dan Wakil Bupati Rahmang.

PADANG PARIAMAN, MJNews.id – Politeknik Kelautan dan Perikanan (Poltek KP) Pariaman merupakan satu-satunya sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI yang ada di Sumatera Barat, jumlah seluruhnya di Indonesia sebanyak 13 buah dan sebuah Akademi Komunitas Kelautan dan Perikanan yang menyelenggarakan program Diploma IV, III, dan I.

Wakil Koordinator Poltek KP Pariaman, Harisjon, S.Pi., M.Si, melakukan audiensi dengan Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, SE., MM., dalam rangka menjalin kerja sama untuk penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2021/2022, Jum’at 21 Mei 2021, di ruangan Bupati Padang Pariaman.

Dalam pertemuan ini, Harisjon memaparkan bahwasanya Poltek KP Pariaman menyelenggarakan pendidikan formal Diploma III perikanan selama 3 tahun guna menghasilkan tenaga teknis profesional perikanan terampil yang memiliki jiwa wirausaha, tanggungjawab sosial, disiplin dan mampu berperan aktif dalam melaksanakan pembangunan perikanan.

Pada kesempatan ini, Harisjon juga melaporkan rencana Kedatangan Menteri Kelautan dan Perikanan ke SUPM / Politeknik KP Pariamam pada tanggal 28 Mei 2021 mendatang.

“Poltek KP Pariaman memiliki 3 program studi: 1) Program Studi Perikanan Tangkap (PTK), 2) Program Studi Permesinan Kapal (PMK), dan 3) Program Studi Usaha Budidaya Ikan (UBDI) dengan kompetensi kelulusan masing-masingnya. Sertifikasi ANKAPIN I, BST. Sertifikatnya disesuaikan dengan prodinya,” papar Harisjon.

Ia berharap kepada Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman agar mempromosikan dan menyiapkan putra-putri daerah Padang Pariaman untuk belajar di Poltek KP Pariaman yang beralamat di Jalan Simpang Toboh Kecamatan V Koto Kampung Dalam, sehingga nantinya juga untuk kemajauan Kelautan dan Perikanan di Kabupaten Padang Pariaman.

Senada dengan itu, Bupati Padang Pariaman, dikenal dengan sapaan ‘Aciak’, didampingi Wakil Bupati Drs. Rahmang, MM., menyambut baik tawaran kerja sama yang diberikan oleh Poltek KP Pariaman dan nantinya akan ditindaklanjuti dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Dinas Perikanan dan Kelautan.

“Ini merupakan tawaran positif yang harus ditindaklanjuti demi terciptanya generasi penerus yang berkompeten di bidang kelautan dan perikanan nantinya, sehingga berguna untuk kemajuan daerah Kabupaten Padang Pariaman ke depannya,” tutup Bupati.

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Poltek KP Pariaman telah dibuka sejak tanggal 10 Mei dan berakhir sampai 8 Juli 2021.

Program Diploma III diselenggarakan oleh Poltek KP (Sidoarjo, Bitung, Sorong, Karawang, Bone, Kupang, Dumai, Pangandaran, Jembrana, Aceh, Pariaman, Maluku) dan Poltek AUP/ STP di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Lebih lanjut, program Diploma I diselenggarakan oleh Akademi Komunitas Kelautan dan Perikanan (AK-KP) Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Kepada media ini, Harisjon mengemukakan bahwa PMB Poltek KP Pariaman dilakukan melalui dua jalur, yakni jalur umum dan jalur khusus. 

Jalur umum terbuka untuk pendaftar yang berasal dari masyarakat umum, sedangkan jalur khusus terbuka untuk peserta yang berasal dari anak pelaku utama. Pelaku utama yang dimaksud adalah nelayan, pelaku budi daya ikan, pengolah ikan, petambak garam, dan pemasar perikanan.

Untuk informasi lebih lanjut terkait penerimaan peserta didik baru KKP tahun akademik 2021/2022, Anda dapat mengakses laman http://pentaru.kkp.go.id/

Anda juga dapat baca berita dengan judul Jajaki Kerja Sama, Direktur Poltek KP Audiensi dengan Bupati Padang Pariaman.

(sul) 

Kami Hadir di Google News