Pendidikan

PNP Gali Potensi Empat Nagari di Sungai Limau Padang Pariaman

87
×

PNP Gali Potensi Empat Nagari di Sungai Limau Padang Pariaman

Sebarkan artikel ini
PNP Gali Potensi Empat Nagari di Sungai Limau
Pihak PNP foto bersama dengan camat, walinagari dan tokoh masyarakat Sungai Limau. (ist)

MJNews.id – Sehubungan dengan adanya kegiatan Tridharma perguruan tinggi yang selanjutnya disebut Tridharma, adalah kewajiban perguruan tinggi untuk menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012, Pasal 1 Ayat 9, maka Politeknik Negeri Padang (PNP) sebagai perguruan tinggi yang bergerak di bidang vokasi, keterampilan dan keahlian mewujudkan salah satu darmanya untuk pengabdian kepada masyarakat yang ada di Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman.

Dalam pengarahannya, Direktur PNP Dr. Surfa Yondri yang didampingi Kepala P3M (Pusat Penelitian Pengabdian Masyarakat) PNP Dr. Yuhefizar dan beberapa orang dosen yang terlibat dalam kegiatan ini menyatakan, Politeknik siap membantu dan mendukung kegiatan masyarakat yang ada di Kecamatan Sungai Limau ini yang bersinergi dengan perguruan tinggi lainnya.

“Kegiatan yang dimaksud antara lain, revitalisasi industri pariwisata, program Teknologi Tepat Guna (TTG) untuk bidang pertanian, perikanan dan peternakan, melakukan pendidikan dan pelatihan staf yang ada di empat nagari yang ada di Kecamatan Sungai Limau, dalam rangka pengadaan sistim informasi nagari dan lain sebagainya,” katanya, Selasa (2/2) di Kantor Camat Sungai Limau.

Salah seorang peserta rombongan PNP, Roswaldi mengungkapkan, bahwa kerjasama antara perguruan tinggi dengan pemerintah, akan terwujud setelah dilakukan MoU (Memorandum of Understanding) dengan Bupati Padang Pariaman, dan ditindaklanjuti dengan diadakannya MOA (Memorandum of Agreement) antara PNP dengan nagari-nagari yang ada di lingkungan Kecamatan Sungai Limau (Nagari Guguak Kuranji Hilir, Koto Tinggi Kuranji Hilir, Kuranji Hilir dan Nagari Pilubang).

Sementara itu, Camat Sungai Limau, Arlis menyatakan kebahagiaan dan ungkapan terima kasih atas kehadiran PNP, yang diprakarsai oleh tokoh masyarakat Sungai Limau, H. Ali Akbar. “Baru kali ini terjadi hubungan kerjasama antara pemerintahan nagari dengan pihak perguruan tinggi. Kita apresiasi dan mendukung rencana kegiatan ini demi terwujudnya peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata dia.

Peserta yang hadir dalam pertemuan ini, di samping dari PNP, camat dan empat wali nagari, juga dihadiri perwakilan Bamus, serta tokoh masyarakat.

(*/sul)

Kami Hadir di Google News