Pendidikan

SMAN 9 Sijunjung Jalin Kerja Sama dengan Berbagai Instansi

70
×

SMAN 9 Sijunjung Jalin Kerja Sama dengan Berbagai Instansi

Sebarkan artikel ini
SMAN 9 Sijunjung Jalin Kerja Sama dengan Berbagai Instansi
Kepala SMAN 9 Sijunjung, Syafruddin menandatangani naskah kerja sama dengan berbagai pimpinan instansi tingkat kabupaten dan tingkat kecamatan, di ruang pertemuan SMAN tersebut, Kamis (4/2/2021). (ist)

MJNews.id – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 9 Sijunjung yang terletak di Tanah Badantuang, Kecamatan Sijunjung, menjalin kerja sama dengan berbagai instansi tingkat kabupaten dan tingkat kecamatan.

Instansi tingkat kabupaten, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (SP3A), Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan RSUD. Instansi tingkat kecamatan, Balai Penyuluhan Pertanian (BPP), Kantor Urusan Agama (KUA), Polsek, Puskesmas, Rumah Tahfizh Nayla dan Sekolah Luar Biasa (SLB) Aisyah.

Kerjasama yang dijalin, ditandai dengan penandatanganan naskah kerja sama oleh Kepala SMAN 9 Sijunjung, Syafruddin dengan pimpinan instansi tingkat kabupaten dan tingkat kecamatan itu, di ruang pertemuan SMAN tersebut, Kamis (4/2/2021).

Acara penandatanganan naska kerjasama, dihadiri Kepala Cabang Dinas Pendidikan Sumbar Wilayah V, diwakili Kasi Pembinaan SMA, Elvanis Rozalinda serta pengurus Komite dan majelis guru SMAN 9.

Tujuan SMAN 9 menjalin kerjasama dengan berbagai instansi tingkat kabupaten dan tingkat kecamatan, adalah untuk menumbuhkembangkan ilmu dan menambah wawasan siswa agar berbuat yang terbaik dalam mengarungi hidup dan kehidupan serta berbakti terhadap orang tua, agama, bangsa dan negara,” kata Kepala SMAN 9, Syafruddin.

“Supaya tujuan tercapai sesuai sasaran dan harapan, dengan Dinas SP3A, kerjasama yang dijalin adalah menggalang kebersamaan dalam upaya mewujudkan remaja yang jauh dari perundungan, baik fisik mau pun verbal,” ulasnya. 

Sedangkan dengan Dinas PPKB, yang digalang adalah program kerjasama pendidikan kependudukan keluarga berencana dan keluarga sejahtera melalui program pusat informasi dan konseling remaja.

Sementara BPBD, memberikan pengetahuan kepada siswa dan warga sekolah tentang penanggulangan bencana alam. Dengan RSUD, kerjasama dalam kegiatan donor darah.

Begitu juga dengan KUA, kerja sama yang dijalin, menggalang kebersamaan dalam meningkatkan derajat kesehatan mental peserta didik agar terhindar dari pengaruh buruk, seperti penyalahgunaan narkoba, seks bebas dan pornografi.

Kerja sama dengan BPP, menggalang kebersamaan dalam mengembangkan sikap dan peduli lingkungan yang berpedoman pada prinsip adiwiyata mandala dan sekolah sehat. Dengan Polsek, adalah tentang pelayanan hukum dan pembinaan siswa. Dengan Puskesmas, bekerjasama dalam pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sehat.

“Dengan Rumah Tahfizh Nayla, mengembangkan sikap peduli terhadap anak yang memiliki talenta dan bakat hafizh Quran. Sedangkan kerjasama dengan SLB, menggalang kebersamaan dalam mengembangkan sikap peduli terhadap anak berkebutuhan khusus,” urai Syafruddin.

Kasi Pembinaan SMA, Elvanis Rozalinda mengaku salut dan bangga terhadap Kepala SMAN 9 Sijunjung, Syafruddin yang energik dan luar biasa serta banyak ide, gagasan dan terobosan dalam memajukan sekolah dan siswa.

“Terus terang saya salut dan bangga terhadap bapak Syafruddin yang energik dan luar biasa. Dimana pun memimpin sekolah, selalu melakukan terobosan untuk kemajuan sekolah dan siswa. Seperti yang dilakukan Kamis ini. Di Sumbar, SMA yang menjalin kerjasama dengan berbagai instansi, mungkin baru SMAN 9 Sijunjung ini satu-satunya. Untuk itu, kami berharap kerjasama yang dijalin terlaksana dengan baik, sehingga membuahkan hasil sesuai sasaran dan harapan,” harap Elvanis Rozalinda.

(nr/def)

Kami Hadir di Google News