Pendidikan

Pengabdian Masyarakat TKBN Politeknik ATI Padang Kunjungi 3 Tempat Pelayanan Kesehatan

98
×

Pengabdian Masyarakat TKBN Politeknik ATI Padang Kunjungi 3 Tempat Pelayanan Kesehatan

Sebarkan artikel ini
Pengabdian Masyarakat TKBN Politeknik ATI Padang Kunjungi Tempat Pelayanan Kesehatan

mjnews.id – Kelompok Pengabdian Masyarakat Jurusan Teknik Kimia Bahan Nabati (TKBN) Politeknik ATI Padang, mengunjungi tiga tempat pelayanan kesehatan di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang, Kamis (5/11/2020).

Pengabdian Masyarakat, dengan Tema, Cegah dan Lawan Covid- 19 itu, mengunjungi Puskesmas Air Dingin Lubuk Minturun, Klinik Bidan Silvia Novia Sari Air Dingin Parak Naneh Kelurahan Banda Gadang dan Klinik Penyejuk di Jalan Adinegoro Kelurahan Batang Kabung Ganting.

Rombongan kelompok Pengabdian Masyarakat Jurusan TKBN Politeknik ATI Padang yang berkunjung ke tempat- tempat pelayanan kesehatan itu, terdiri Ketua Ir. Rita Youfa. MT, dengan Anggota Rosalina. MT, Dwi Kemala. MT, Dr. Harmiwati Nahar, MT, Aqli. MT dan sejumlah mahasiswa Jurusan TKBN.

Melalui tiga tempat pelayanan kesehatan itu, jelas Ketua Kelompok Pengabdian Masyarakat Jurusan TKBN Politeknik ATI Padang Rita Youfa, diserahkan berupa hand sanitizer, desinfektan, bahan baku untuk pembuatan hand sanitizer dan video tutorial cara pembuatan hand sanitizer.

Bantuan hand sanitizer dan desinfektan yang diserahkan itu, merupakan salah satu produksi atau hasil karya dosen dan mahasiswa jurusan TKBN Politeknik ATI Padang.

Hal ini diupayakan untuk membantu tempat- tempat pelayanan kesehatan, dalam rangka pencegahan serta mengantisipasi mewabah nya Covid- 19 di kalangan masyarakat.

Terkait jumlah hand sanitizer dan desinfektan yang diserahkan untuk masing-masing tempat pelayanan kesehatan, menurut Rosalina. MT, di Klinik Bidan Silvia diserahkan sanitizer sebanyak 36 liter, desinfektan 12 liter dan bahan baku untuk pembuatan hand sanitizer sebanyak 50 liter.

Di Puskesmas Air Dingin Lubuk Minturun diserahkan hand sanitizer sebanyak 20 liter, desinfektan 20 liter dan bahan baku untuk pembuatan hand sanitizer sebanyak 50 liter dan di Klinik Penyejuk diberikan pula hand sanitizer sebanyak 36 liter dan desinfektan 24 liter, sedangkan sisanya diserahkan untuk masyarakat sekitarnya.

Ketiga tempat pelayanan kesehatan itu, juga diberikan video tutorial untuk pembuatan hand sanitizer.

“Total produksi sanitizer dan desifektan yang dihasilkan tim pengabdian masyarakat Jurusan TKBN Politeknik ATI Padang, hand zanitizer sebanyak 110 liter dan desinfektan 90 liter, sedangkan bahan baku desinfektan yang tersedia sebanyak 50 liter dan video tutorial untuak pembuatan hand sanitizer,” kata Rosalina.

Terkait adanya bantuan hand sanitizer dan desinfektan, dari kelompok pengabdian masyarakat turusan TKBN itu, pengelola Klinik Penyejuk dr. Riana Putri didampingi dr. Elfitri Sakinah Siraj mengatakan, klinik sangat senang dan terbantu sekali, karena hand sanitizer merupakan suatu kebutuhahan yang mendasar di tengah pandemi Covid- 19 yang belum melandai ini. Harganya di tengah pandemi ini, juga sangat tinggi dan susah untuk mendapatkannya.

“Kami mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi atas kepedulian dari Kelompok Pengabdian Masyarakat Jurusan TKBN Politeknik ATI Padang,” ujarnya.

(eds)

Kami Hadir di Google News