Pendidikan

Perpustakaan Buya Hamka SMAN 1 Tanjung Raya Agam Terakreditasi A

70
×

Perpustakaan Buya Hamka SMAN 1 Tanjung Raya Agam Terakreditasi A

Sebarkan artikel ini
Perpustakaan SMAN 1 Tanjung Raya Agam Terakreditasi A
Perpustakaan Buya Hamka SMAN 1 Tanjung Raya meraih akreditasi A dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Akreditasi tersebut berlaku untuk 5 tahun ke depan. (ist)

mjnews.id – Perpustakaan Buya Hamka SMAN 1 Tanjung Raya meraih akreditasi A dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Akreditasi tersebut berlaku untuk lima tahun ke depan.

Kepala Perpustakaan SMAN 1 Tanjung Raya, Hilda Sridewita, Jumat (6/11/2020) mengatakan, akreditasi tersebut diperoleh setelah melalui sejumlah tahapan penilaian beberapa waktu lalu.

”Tim sudah menilai dan menganalisa kondisi perpustakaan Buya Hamka SMAN 1 Tanjung Raya ini secara virtual, Alhamdulillah perpustakaan ini mendapat nilai A,” katanya.

Meski sudah terakreditasi A, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia memberikan sejumlah rekomendasi sebagai peningkatan perpustakaan.

Setidaknya ada empat rekomendasi peningkatan yang akan dilakukan untuk beberapa waktu ke depan.

”Pertama perlu penataan ruangan, memodernisasi sarana dan prasarana, kedua penerapan optimasi layanan berbasis jejaring, ketiga terkait SDM perpustakaan dan keempat peningkatan karya inovatif, kreatif dan keunikan perpustakaan,” katanya.

Akreditasi yang diperoleh dapat menggairahkan aktivitas perpustakaan di SMAN Tanjung Raya. Akreditasi yang diperoleh diharapkan menjadi bukti dari komitmen memajukan dunia literasi sekolah.

”Ke depan kita akan terus benahi apa yang masih kurang, demi peningkatan ke arah yang lebih baik,”katanya.

Dengan perolehan nilai A tersebut, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung. Dikatakan, hasil akreditasi tidak terlepas dari peran dinas dan instansi terkait.

”Kami ingin berterima kasih kepada kepala dinas perpustakaan dan kerasipan Agam, M. Arsyid, kemudian di provinsi, Wadarusmen, SE, MM, kepala sekolah SMAN 1 Tanjung Raya, Burmal, S.Pd, M.Pd dan tim-tim yang telah bekerja keras untuk akreditasi ini,”katanya.

Saat ini pihaknya tengah mempersiapkan segala sesuatu untuk berlaga di ajang perpustakaan terbaik di tingkat nasional. Sebelumnya, di tingkat provinsi, Perpustakaan Buya Hamka SMAN 1 Tanjung Raya berhasil menduduki peringkat dua terbaik.

”Kita akan memperkaya koleksi buku, mematangkan digitalisasi dan menata ruangan senyaman mungkin. Akreditasi ini menjadi modal kita ke tingkat nasional,” katanya.

Saat ini, sebagian koleksi buku di Perpustakaan Buya Hamka SMAN 1 Tanjung Raya sudah bisa diakses melalui situs pustakasmansatumaninjau.com. Selain katalog buku, situs ini juga menampilkan galeri, berita dan karya siswa. Situs ini pada dasarnya sebagai sebuah wadah informasi seputar perpustakaan dan publikasi artikel di lingkungan Sekolah SMA Negeri 1 Tanjung Raya.

(irm)

Kami Hadir di Google News