Pendidikan

PGRI Lembah Gumanti Solok Gelar Diklat Publikasi Ilmiah

96
×

PGRI Lembah Gumanti Solok Gelar Diklat Publikasi Ilmiah

Sebarkan artikel ini
PGRI Lembah Gumanti Solok Gelar Diklat Publikasi Ilmiah
Peserta pelatihan pembelajaran daring pada masa Pandemi Covid-19, yang digelar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok. (ist)

mjnews.id – PGRI Cabang Lembah Gumanti menggelar diklat (Pendidikan dan Pelatihan) publikasi ilmiah selama tiga hari, 13-15 November 2020 di SDN 01 Alahan Panjang.

“Kegiatan ini dibuka untuk semua guru dari PAUD hingga SLTA,” Ketua Panitia Rofi Suryadi, Rabu (11/11/2020) di Alahan Panjang.

Pada awalnya, jelas Rofi, jumlah peserta sekitar 40 orang, tetapi dalam waktu kurang dari seminggu, jumlah guru yang berminat lebih dari 60 orang. Kebanyakan guru SD dan SMP.

Dalam diklat ini, jelas Rofi, ada beberapa materi yang akan dikupas, seperti Publikasi Ilmiah bagi guru, penyusunan modul/diktat, penyusunan buku ajar, penyusunan buku bidang pendidikan, penyusunan buku pedoman guru, penyusunan karya inovatif dan penulisan artikel dan makalah.

“Semua materi ini terkait dengan angka kredit kenaikan pangkat guru,” jelas Rofi Suryadi.

Selama ini, jelas Rofi, banyak guru yang tidak mengusulkan kenaikan pangkat. Mereka terhenti di pangkat/golongan yang sama selama bertahun-tahun karena ketiadaan publikasi ilmiah dan karya inovatif. Bukan karena tidak mampu, tetapi disebabkan ketidaktahuan cara menulisnya.

“Guru seringkali tidak tahu kebutuhannya,” jelas Rofi.

Publikasi ilmiah guru, terang Rofi, bukan hanya PTK (penelitian tindakan kelas). Tetapi ada guru yang berpendapat demikian, sehingga mereka enggan untuk menulis PTK sekaligus tidak mau mengurus kenaikan pangkatnya.

“Mudah-mudahan melalui diklat ini, makin banyak guru yang mengusulkan kenaikan pangkat,” tambah Rofi.

(wlm/yas)

Kami Hadir di Google News