ADVERTISEMENT
Pasaman BaratSumatera Barat

TP PKK Pasbar Pertemuan Bulanan di Kecamatan Luhak Nan Duo

82
×

TP PKK Pasbar Pertemuan Bulanan di Kecamatan Luhak Nan Duo

Sebarkan artikel ini
TP PKK Pasbar Rapat Bulanan di Kecamatan Luhak Nan Duo
TP PKK Pasbar Rapat Bulanan di Kecamatan Luhak Nan Duo. (f/kominfo)

Mjnews.id – Tim Penggerak PKK Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) mengadakan pertemuan bulanan di Kecamatan Luhak Nan Duo, Rabu 26 Juli 2023. Acara ini dihadiri Ketua Ny. Titi Hamsuardi, pengurus PKK Pasaman Barat, serta seluruh pengurus PKK kecamatan dan nagari di Kabupaten Pasaman Barat.

Ny. Titi Hamsuardi, dalam sambutannya, menyampaikan bahwa dengan dimekarkannya 71 Nagari, maka jumlah Nagari di Pasbar menjadi 90. Ia mengimbau kepada nagari-nagari yang baru untuk segera membentuk kepengurusan TP.PKK tingkat nagari. Pembinaannya akan diberikan langsung oleh PKK Kecamatan karena pembinaan PKK dilaksanakan secara berjenjang.

ADVERTISEMENT
Scroll ke bawah untuk lihat konten

“Pembinaan kepada kepengurusan TP.PKK Nagari baik yang baru dibentuk maupun yang sudah lama, pembinaannya diberikan oleh PKK Kecamatan. Koordinasi dan kerjasama yang baik terkait PKK sangat penting agar di lapangan tidak ada kendala dan pelaksanaan 10 program PKK di setiap nagari serta kecamatan dapat direalisasikan dengan baik,” ucap Ny. Titi Hamsuardi.

Baca Juga  Rombongan KKP Bahas Usulan Smart Fisheries Village bersama Pemkab Pasbar

Selanjutnya, Ny. Titi menegaskan agar pengurus PKK mempelajari setiap program kerja PKK mulai dari Pokja I hingga Pokja IV untuk mencegah kesalahpahaman dalam realisasi program yang ada.

Di akhir sambutannya, ia berharap dengan adanya kepengurusan TP.PKK di setiap nagari, PKK Pasaman Barat dapat lebih maju dan berkembang dalam membantu pelaksanaan program pemerintah, terutama terkait dengan 10 Pokok Program PKK.

Camat Luhak Nan Duo, Sutrisno, menyampaikan bahwa peran PKK sangat penting dalam pemerintahan karena merupakan mitra pemerintah, terutama dalam upaya percepatan penurunan stunting melalui kegiatan Posyandu.

“Saat ini, nagari di Pasbar sudah berjumlah 90, dengan kepengurusan TP.PKK yang baru, PKK diharapkan berperan aktif dalam membantu pemerintah dalam merealisasikan program, salah satunya penanganan stunting. PKK bertugas mengajak masyarakat untuk datang ke posyandu dan berkoordinasi dengan kader Posyandu, sehingga penanganan sejak dini pada anak-anak dapat diantisipasi,” ucapnya.

Baca Juga  Rangkaian HUT TNI ke-75 Tahun 2020, Dandim 0306/Limapuluh Kota Lepas Raider

Ia juga mengharapkan agar semua pengurus, baik dari TP.PKK kecamatan maupun nagari, dapat saling bekerjasama dan meningkatkan koordinasi agar program pokok PKK dapat dijalankan dengan baik di tengah-tengah masyarakat. Program tersebut diharapkan dapat mempengaruhi perkembangan di masyarakat, terutama di bidang pangan, ekonomi, dan lainnya.

Ketua PKK Kecamatan Luhak Nan Duo, Ny. Melia Sutrisno, menambahkan bahwa TP.PKK Kecamatan Luhak Nan Duo memerlukan bimbingan dari TP.PKK Kabupaten Pasaman Barat dalam menjalankan 10 Program Pokok PKK agar lebih baik kedepannya. Ia juga menegaskan bahwa TP.PKK Kecamatan akan berusaha menciptakan inovasi-inovasi yang nantinya akan direalisasikan kepada masyarakat.

(wal)